Bantu Pengamanan Pemilu Serentak, Wali Kota Serahkan 4.094 Anggota Linmas

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Demi mendukung suksesnya penyelengaraan pemilu serentak pada 14 Februari mendatang.

Pemerintah Kota bersama Polresta Balikpapan melaksanakan serah terima anggota linmas TPS yang dilaksanakan di Stadion Batakan pada, Rabu (7/2/2024).

Dimana total ada 2.047 TPS di Kota Balikpapan yang mana setiap TPS akan dijaga dengan 2 anggota linmas, sehingga totalnya menjadi 4.094 anggota linmas.

Para personel ini akan dibantu 341 personel Polresta Balikpapan dan 81 anggota BKO Polda Kaltim, dengan jumlah DPT 509.482.

Penyerahan dilakukan Wali Kota Balikpapam Rahmad Mas’ud kepada Kapolres Balikpapan Kombes Pol Anton Firmanto dalam apel gelar pasukan. 

Perwakilan Forkopimda, Komisioner KPU Balikpapan, Kepala perangkat daerah, serta pejabat lingkungan Polres, dan Kodim 0905 hadir dalam kesempatan itu. 

Rahmad Mas’ud menyampaikan, dari seluruh anggota Linmas, sebanyak 4.094 personel di antaranya bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

“Kemudian dibantu petugas polresta Balikpapan sebanyak 341 personel,” kata Rahmad.

Dia berpesan agar tugas dilaksanakan sebaik-baiknya, laporkan jika menemui potensi konflik.

“Jangan bertindak sendiri, segera laporkan dan koordinasikan kepada pihak terkait karena semua memiliki tugas dan kewenangan masing-masing,” tambahnya.

Rahmad juga meminta anggota Satlinmas ikut berkomitmen mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, tertib, dan kondusif.  Polres Balikpapan mengerahkan 341 personel untuk menjaga TPS. 

“Ada juga tambahan 81 BKO Polda Kaltim, mereka dikerahkan saat distribusi logistik, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara,” tuturnya.

Selan itu Pemerintah juga telah menjamin semua anggota linmas dalam program BPJS Ketenagakerjaan, sehingga dalam bekerja bisa merasa tenang.

“Artinya ini wujud kepedulian Pemerintah dalam mendukung kinerja para anggota linmas TPS ini,” akunya.

Sementara itu, pola pengamanan akan disesuaikan di setiap wilayah, dimana para Kapolsek akan memberikan arahan kepada para anggota Linmas bagaimana proses menjaga di TPS dari proses pemungutan hingga perhitungan suara, dan penyerahan hasilnya ke kekelurahan.

Baca juga ini :  Pemprov Kaltim Minta Pusat Prioritaskan Industri Pengolahan di Luar Jawa

“Para Satlinmas juga akan dibantu petugas kami yang akan rutin memonitoring ke TPS-TPS,” akunya.

Sedangkan Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, setiap TPS akan dijaga dua petugas linmas, dimana satu dipintu masuk dan satu lagi di pintu keluar.

“Linmas yang berada di pintu masuk ini punya peranan penting, dia orang pertama yang akan mengecek persyaratan para identitas pemilih,” ujarnya.

“Mulai dari KTP, bisa fotocopy KTP, KTP digital, kecuali SIM dan KK tidak bisa digunakan,” kata Thoha.

Tugas dari Satlinmas ini sudah mulai misal H-1 disaat proses kotak suara bergerak ke kelurahan disitu mereka mulai bertugas dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas sampai bergerak ke TPS masing-masing.

“Mereka betugas menjaga kotak suara dari kemungkinan bahaya kebakaran dan kebanjiran ketika berada di TPS,” tutupnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.