Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhajir Effendy, Menpora Zainudin Amali, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau stadion Kanjuruhan Malang / Skretariat Presiden

Berikut Lima Poin Rencana Kolaborasi Pemerintah, FIFA dan AFC untuk Benahi Sepak Bola Nasional

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Federasi Sepak Bola Dunia FIFA menyurati Presiden Joko Widodo, pasca tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang dan ratusan dirawat.

Dalam surat itu, FIFA dan Pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola nasional. Sehingga tragedi Kanjuruhan tak terulang kembali.

Hal itu kata Presiden Jokowi juga bagian dari tindak lanjut pembicaraannya dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, pada 3 Oktober 2022 lalu.

Kepala Negara memaparkan bahwa akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan pemerintah.

“Nanti, Presiden FIFA akan datang ke Indonesia pada Oktober atau November untuk berdiskusi dengan pemerintah,” ujarnya dalam siaran pers Sekretariat Presiden.

Berikut rencana 5 kolaborasi Pemerintah, FIFA dan AFC

(1) membangun standar keamanan stadion di seluruh stadion yang ada di Indonesia;
(2) memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional;
(3) melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama;
(4) mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada; serta
(5) menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Kemenag Masih Koordinasi dan Susun Teknis Pelaksanaan Umrah, Belum Bisa Pastikan Kuota Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.