Akmal Malik / ist

Data BPS Kaltim Jumlah Pengangguran Turun, Jumlah Angkatan Kerja Meningkat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim menyebutkan, tingkat pengangguran terbuka menurun dan jumlah angkatan kerja meningkat.

Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik disela-sela pembukaan Job Market Fair (JMF) atau Pameran Bursa Kerja 2023 di Pentacity Mall Balikpapan Super Blok (BSB).

Akmal menyebutkan, data BPS Kaltim menyebutkan, tingkat pengangguran terbuka sekitar 5,31 persen. Sedangkan jumlah Angkatan kerja mencapai 1.950.860 orang.

Menurutnya, jumlah itu meningkat hingga 98.058 orang dibanding Agustus tahun lalu, berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Agustus 2023.

Sementara tingkat partisipasi angkatan kerja naik sebesar 0,84 persen poin.”Artinya kondisi ketenagakerjaan Provinsi Kaltim pada Agustus lalu telah pulih dibandingkan sebelum pandemic,” ujarnya

“Tingkat pengangguran terbuka Agustus sebesar 5,31 persen, turun 0,40 persen poin dibandingkan dengan Agustus tahun lalu. Penduduk yang bekerja sebanyak 1.847.295 orang, meningkat sebanyak 100.375 orang dari Agustus tahun lalu,”

Akmal Malik menambahkan lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan penyerapan tenaga kerja terbesar adalah sektor pertambangan dan penggalian sebanyak 23.564 orang.

Sementara sektor yang mengalami penurunan penduduk bekerja terbesar yaitu industri pengolahan (7.047 orang). “Kendala terbesarnya ada di sektor hilirisasi. Kunci lapangan pekerjaan itu adalah investasi,” ujarnya

“Saat ini saya sedang melakukan review RTRW semua daerah, kabupaten/kota di Kaltim, untuk pengembangan daerah dan kota-kota baru,”

“Salah satunya Penajam Paser Utara sebagai buffer zone IKN, harus mempersiapkan langkah-langkah yang produktif kedepannya.” (adpimprovkaltim)

Comments

comments

Baca juga ini :  Wali Kota Balikpapan : Kepala Dinas akan Dipantau 24 Jam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.