Kampung Literasi

Dukung Gerakan Literasi, Pertamina Gelar Mural Competition

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com  –  Guna memantik semangat literasi masyarakat Balikpapan, Pertamina Refinery Unit V Balikpapan bekerjasama dengan komunitas Taman Baca An-Nisaa menggelar Mural Competition.

Mural Competition dilaksanakan dari tanggal 28 April – 1 Mei 2019 di area Klandasan ilir Balikpapan. Kegiatan ini  diikuti oleh penggiat literasi, seniman, masyarakat, pelajar hingga media massa dari berbagai usia.

Kompetisi Mural ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan CSR Pertamina pada program Kampung Literasi yang akan diresmikan pada tanggal 2 Mei 2019 mendatang bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional.

“Mural Competition merupakan langkah awal untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang literasi dan diharapkan dapat membangun persepsi masyarakat agar melihat literasi sebagai sesuatu yang menyenangkan dan dapat dinikmati bersama, dan mengandung unsur edukasi ujar Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Heppy Wulansari

Menurutnya, Jika persepsi ini sudah terbentuk maka akan mudah untuk melaksanakan kegiatan berikutnya yaitu Kampung Literasi. Kampung Literasi ini akan diwujudkan melalui 6 pojok literasi dasar yaitu Sains, Baca Tulis, Budaya dan Kewarganeraan, Numerik, Finansial, dan Digital.

Mural dilakukan di 43 bidang tembok berukuran sekitar 3×4 m di sepanjang RT 9 kelurahan Klandasan Ilir dengan mengambil tema Literasi, Edukasi dan Budaya Lokal. Kompetisi diikuti sekitar 50 orang yang datang dari wikayah sekitar Balikpapan, Samboja, Samarinda hingga  Bontang.

Program ini juga merupakan dukungan Pertamina terhadap program Pemerintah yaitu Gerakan Literasi Nasional. Tujuan gerakan ini adalah untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Hasil dari Mural ini tidak hanya mempercantik area Klandasan Ilir, tapi juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Balikpapan khususnya ke Kampung Literasi,”ujar Heppy

Baca juga ini :  Progres Pembangunan Jembatan Tol Teluk Balikpapan Tahap Lelang

Ketua panitia Roelyta Aminuddin yang merupakan salah satu tokoh penggiat literasi di Kalimantan menyatakan apresiasi kepada Pertamina atas program CSR Kampung Literasi.

“Terimakasih kepada Pertamina dan kami berharap agar kampung literasi ini dapat menjadi salah satu ikon wisata kampung edukasi di Balikpapan” ujar Roelyta.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.