Andi Sri Juliarty

Embarkasi Haji Batakan Disiapkan Jadi RS Darurat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan mempersiapkan Embarkasi Haji Batakan yang kini menjadi tempat isolasi pasien covid-19 dinaikkan statusnya menjadi rumah sakit darurat.

“Kondisi darurat ini harus segera disikapi dengan cepat salah satunya adalah harus sudah kita mempersiapkan bentuknya rumah sakit darurat penanganan covid-19,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, Sabtu (10/07/2021).

Dia mengungkapkan, rumah sakit darurat disiapkan untuk mengantisipasi lonjakkan kasus. Karena dalam dua minggu terakhir kasus penularan sangat tinggi, sementara rumah sakit rujukkan rata-rata telah penuh.

“Karena sudah hampir dua minggu ini kondisi rumah sakit rujukan itu sudah penuh semuanya,” ujarnya.

Dia pun telah berdiskuis dengan sejumlah direktur rumah sakit untuk penambahan ruang isolasi dan ICU, namun rata-rata kesulitan karena memang keterbatasan  ruangan.

“Kami pahami bapak ibu direktur sudah berusaha konversi kamar, ruang dan tempat tidur. Namun kalau lebih lambat kita meresponnya, lebih cepat penularannya,” katanya.

Disamping itu harus berkejaran dengan waktu, karena tingkat penularan covid-19 sangat tinggi setiap harinya. Jika harus menunggu lagi, maka akan semakin sulit menolong pasien khususnya yang bergejala.

“Kami sudah berusaha mencari rumah sakit yang bisa digunakan, diidentifikasi rumah sakit Kasih Bunda, namun masih perlu juga sosialisasi ke masyarakat sekitar masih butuh waktu,” ujarnya.

Dari hasil diskusi dengan Direktur RSUD Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan Edy Iskandar, kemudian disarankan untuk menjadikan Embarkasi Haji Batakan menjadi rumah sakit darurat.

“Tadi diskusi kami dengan direktur Kanudjoso Edy Iskandar beliau dalam analisanya lebih memngarahkan status embarkasi haji yang dinaikkan jadi rumah sakit darurat,” ujarnya.

Pasalnya, sejak Agustus tahun kemarin, Embarkasi Haji Batakan telah menjadi tempat isolasi pasien covid-19. Disamping itu sudah ada tenaga kesehatan, sehingga lebih memudahkan.

Baca juga ini :  Pemkot Samarinda akan Aktifkan Layanan On Call Setiap Puskesmas

“Tim medis disana sudah ada jadi tinggal dinaikkan statusnya untuk jadi rumah sakit darurat,” ujarnya

Meskipun lanjutnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menaikkan status Embarkasi Haji Batakan dari ruang isolasi menjadi rumah sakit darurat. Namun persyaratannya akan dilengkapi.

“Namun untuk menjadi rumah sakit darurat mungkin sambil berjalan kita melengkapi syarat ini karena memang kondisinya sudah sangat mendesak,” tandasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.