rapat paripurna DPRD balikpapan / ilustrasi

Fraksi PDIP Mendorong Pemkot Lebih Tertib dalam Menyampaikan Laporan Keuangan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Balikpapan mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Kota (Pemkot) yang menindaklanjuti temuan BPK terkait laporan pertanggungjawaban keuangan atau APBD Tahun  2020.

“Fraksi PDIP mengapresiasi setinggi-tingginya atas langkah cepat Pemkot Balikpapan yang menindaklanjuti rekomendasdi BPK RI,” ujar Juru Bicara Fraksi PDIP Muhmmad Najib, Senin (19/07/2021).

Dia mengungkapkan, Fraksi PDIP mendorong Pemkot agar lebih tertib dalam menyampaikan laporan keuangan dengan akurasi dan laporan yang terintegrasi, profesional dan tertib.

“Fraksi PDI tetap mendorong Pemkot terkait sistem informasi, akurasi dan laporan yang terintegrasi dan profesional dan lebih tertib,” katanya.

Karenanya Fraksi PDIP meminta Pemkot memperbaiki penyajian laporan keuangan dan sistem administrasi pemerintah, sehingga tak lagi menjadi temuan BPK kembali tahun anggaran 2021.

“Memperbaiki kualitas penyajian laporan keuangan dan sistem administrasi pemerintah dengan harapan rekomendasi yang menjadi catatan penting BPK RI ditahun tahun berikutnya tidak terjadi lagi. Sebagai wujud tata kelola pemerintah yang baik dan akuntabel,” harapnya.

Disamping itu lanjutnya, Fraksi PDIP juga meminta Pemkot lebih kreatif danm inovatif dalam menggali potensi pendapatan daerah., baik melalui retribusi maupun pajak.

“Contoh aset pemerintah daerah yang belum jelas penggunaannya dan retribusinya sehingga harus ada penertiban, pengendalian serta pengawasan secara profesional,” ujarnya.

Fraksi PDIP juga meminta Wali Kota mengevaluasi organisasi perangkat daerah (OPD) yang tak mencapai target penndapatan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Dishub Balikpapan Ciptakan dan Pertahanan Kaderisasi Teknis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.