Home / iniFLASH / Kaltim akan Belajar dengan Jakarta Jika Penerapan PSBB
Penutupan jalan yang dijaga petugas

Kaltim akan Belajar dengan Jakarta Jika Penerapan PSBB

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Provinsi Kaltim maupun Pemerintah Kota dan Kabupaten akan belajar dengan Jakarta jika nantinya akan menerapkan pembatasan sosial skala besar (PSBB), terkait wabah virus corona.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, belajar dengan Jakarta, karena di Indonesia baru Kota Jakarta yang menerapkan PSSB. Kemudian baru disusul Sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat yang

Bersebelahan dengan Jakarta.

“Mungkin kita mau belajar dengan Jakarta, dengan daeerah sekitarnya kalau kita mengajukan, kita bisa mengurangi distorsi atau persoalan-persoalan lainnya yang dihadapi di lapangan,” ujar Rizal,

“Kita melihat baru Jakarta dan sekitarnya karena itu berdampingan, Jawa Barat dan Banten memang bersebelahan,”

Menurutnya, sejauh ini Pemerintah Provinsi Kaltim belum mengajukan PSBB ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes), karena tak ingin tergesa-gesa “Belum (mengajukan PSBB), kita masih mengkaji dan kita sangat hati-hati,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sejauh ini pembatasan yang dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan dinilainya cukup baik. “Sekarang kita melihat masih cukup efektik, tapi nanti kita lihat dari hasil pembahasan kita nanti,” ujarnya.

Sejauh ini pembatasan yang dilakukan yakni, menutup sementara 15 titik jalan utama mulai jam 09-00 hingga 15.00 Wita dan 20.00 hingga 02.00 Wita. Termasuk memberlakukan jam malam atau tidak ada aktifitas masyarakat.

Selain itu juga merumahkan aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Balikpapan  dan mengerjakan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH). Menutup semua tempat hiburan malam (THM).

Warnet, obyek wisata, fasilitas publik juga ditutup, bioskop, sekolah diliburkan. Mall maupun pusat perbelanjaan juga melakukan pembatasan operasi. Restauran pun hanya melayani pemesanan melalui online.

Termasuk juga pembatasan operasional bandara Internasional Sepinggan Balikpapan yang hanya 12 jam. Mudik pun dilarang. Aktifitas kegiataan kegamaan maupun kegiatan lainnya juga diminta tudak digelar.

Comments

comments

About glen

Check Also

Yuk! Ikut Survei Urban Farming Pupuk Kaltim

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Aktivitas bercocok tanam memanfaatkan media pekarangan atau halaman rumah menjadi tren milenial …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.