KPU Balikpapan Targetkan Verifikasi Parpol Rampung Hari Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menginginkan verifikasi faktual partai politik rampung dalam 2 hari. Itu dikatakan Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha saat memverifikasi PDI Perjuangan, Selasa malam (30/1/2018).

“Jadwal verifikasi faktual kan 3 hari mulai 30 Januari sampai 1 Februari. Kita (KPU) coba jadwalkan sampai 2 hari agar pada 1 Februari hanya perbaikan berkas saja, jadi tidak ada tahap perbaikan lanjutan,” kata Noor Thoha.

Selain PDI Perjuangan, pada verifikasi faktual hari pertama KPU memverifikasi Golkar, Gerindra, Hanura, Nasdem dan PSI serta PAN. Sementara pada Rabu ini (31/1/2018), KPU memverifikasi partai Garuda, PKB, PPP, PKS, Demokrat, PKPI dan PBB.

“Harapan kami tidak ada perbaikan lagi karena bukan main lelahnya dan benar-benar menguras energi. Alhamdulillah, dari hasil monitoring hari pertama, tidak ada partai yang bermasalah, semua memenuhi syarat,” ungkapnya.

Hanya saja kesimpulan bahwa partai politik yang diverifikasi telah memenuhi syarat harus menunggu rapat pleno KPU pada 1 Februari besok. Nantinya diumumkan hasil verifikasi 14 partai mengenai kesekretariatan, kepengurusan dan keanggotaan.

“Yang mengumumkan KPU pusat tapi kita di daerah mengamankan dan melaporkan hasilnya terlebih dahulu,” lanjut Noor Thoha yang tidak mempermasalahkan adanya partai politik yang menggeser waktu atau jam pelaksanaan verifikasi faktual.

“KPU itu sifatnya melayani, tentu saja dalam waktu 3 hari ini kita optimalkan. Sebenarnya bisa saja kita menolak agar verifikasi besok hari, cuma khawatirnya jika besok ada halangan lagi, maka menjadi masalah. Toh, tidak ada larangan verifikasi di malam hari,” jelasnya.

Pasalnya, kepengursan yang harus diverifikasi yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara atau KSB partai. “Kalau KSB ini belum memenuhi syarat maka masuk fase perbaikan, itu yang kita khawatirkan karena harus mengatur jadwal dan tim verifikasi kembali,” tandasnya.

Baca juga ini :  Sejumlah Alat Berat di Kawasan Pembangunan IKN Dicuri, Empat Pelaku Diamankan

Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan kota Balikpapan, Thohari Aziz bersyukur partai nasionalis berlambang banteng ini telah menyelesaikan verifikasi faktual dengan memenuni syarat minimal 5 persen keanggotaan yang terdaftar di Sistem Informasi Partai Politik atau Sipol.

“Alhamdulillah, semangat dari struktur dan anggota partai, jadi anggota yang datang sebanyak 77 orang atau 10 persen dari data Sipol yang kami setorkan ke KPU yang jumlahnya waktu itu 777 anggota,” ucap Thohari Aziz.

PDI Perjuangan juga menunggu pengumuman hasil verifikasi oleh KPU pusat karena lolosnya baru tingkat daerah yakni di kota Balikpapan. “Saya yakin PDI Perjuangan akan kembali lolos verifikasi secara nasional,” pungkasnya.

Proses verifikasi faktual PDI Perjuangan dilakukan KPU malam tadi dimulai sejak pukul 19.30 Wita dan berakhir sekira pukul 22.00 Wita. Jalannya verifikasi faktual juga diawasi langsung oleh komisioner Panwaslu Kota Balikpapan.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.