covid-19 (itb.ac.id)

Kubar Masuk Daerah Risiko Sedang ke Rendah Covid-19

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kabupaten Kutai Barat (Kubar)menjadi satu-satunya daerah di Kaltim yang masuk dalam 52 kota dan kabupaten  dari tingkat risiko sedang ke risiko rendah cobvid-19. Demikian disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito

Dia mengatakan, di Kalimantan hanya 5 daerah, selain Kabupaten Kubar, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Murung Raya Kalimantan Barat (Kalbar) maupun Kabupaten Malinau dan Kota Tarakan di Kalimantan Utara (Kaltara)

Berdasarkan peta zona risiko ada 22 kota dan kabupaten dengan tingkat risiko  tinggi. Lalu ada 223 kota dan kabupaten dengan tingkat risiko sedang serta 195 kota dan kabupaten dengan resiko renda.

“Ada 44 kota dan kabupaten tidak ada kasus baru serta 30 kota dan kabupaten tidak terdampak,” ujarnya, Selasa (25/08).

Dia mengungkapkan, jumlah kota dan kabupaten yang tidak terdampak covid-19 terus turun. Karena pada saat mulai dilakukan pencatatan pada Mei 2020 ada sebanyak 102 kota dan kabupaten yang tidak terdampak.

“Bahwa pada saat ini mulai start pencatatan di bulan Mei 102 kota dan kabupaten yang tidak terdampak pada saat ini, dan sekarang sisa 30 kota dan kabupate,” ujarnya

Karenanya Satgas Penanganan Covid-19, berharap daetah-daerah yang hingga kini berlum terpapar covid-19 untuk menjaga daerahnya. “Ada beberada daerah kita yang kepulaun, kami berharap daerah yang tidak terdampak tetap dijaga,” ujarnya.

“Dan daerah-daerah yang risiko tinggi, risiko sedang, risiko rendah bisa berpindah pada daerah yang tidak ada kasus baru. Artinya sebelumnya terdampak dan dalam 4 minggu terakhir tidak ada kasus baru,”

Dia menambahkan, daerah dengan tingkat risiko tinggi ke risiko sedang ada 17 kota dan kabupaten. Sedangkan kota dan kabupaten dengan tingkat risiko sedang ke rendah ada 52 kota dan kabupaten.

Baca juga ini :  Hingga September 42 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

“Jumlah daerah yang masuk risiko sedang dan rendah masih relatif tinggi,” ujarnya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.