Tes layanan antigen gratis
Tes layanan antigen gratis

Laporkan Jika Tarif Swab PCR Diatas Ketentuan yang Diatur Kemenkes

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito meminta masyarakat yang merasa dirugikan terkait tarif testing COVID-19 segera melapor kepada Satgas di daerah.

Hal itu kata dia, karena Pemerintah telah mengatur besaran tarif atau tarif tertinggi swab PCR sebagaimana Surat Edaran Kkementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dikeluarkan sejak Oktober tahun 2021. 

“Bahwa batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR secara mandiri di wilayah Pulau Jawa dan Bali adalah Rp 275.000. Sedangkan untuk wilayah di luar Pulau Jawa Bali adalah Rp 300.000,” Wiku

Agar tidak terjadinya penyelewengan tarif, Wiku meminta seluruh Dinas Kesehatan Provinsi maupun Kabupaten/Kota melakukan pembinaan dan pengawasan secara berkala terhadap pemberlakuan instruksi ini.

Dinkes setempat memiliki wewenang untuk memberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku karena melanggar hak konsumen (Pasal 4 huruf i UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen)

“Pemerintah juga meminta siapapun masyarakat yang menemukan pelanggaran untuk melapor kepada Satgas di daerah termasuk aparat penegak hukum di dalamnya,” tegas Wiku.

Comments

comments

Baca juga ini :  Abdullah, 10 Tahun "Boker" di Hutan dan Hidup dari Anyaman Tampah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.