vespa listrik

Manager PLN Modivikasi Vespa Antik Bertenaga Listrik, Hemat 45 persen BBM

BALIKPAPAN, INibalikpapan.com — PLN terus ikut mengembangkan kendaran ramah lingkungan melalui keterlibatan langsung dalam proyek  motor listrik yakni motor vespa antic.

Vespa tua tahun 1978 dimodifikasi menjadi motor berteknologi yang canggih ini diubah oleh Gumelar Manager Pemasaran PLN UIW Kaltimra  menjadi kendaraan listrik yang ramah lingkungan yang bernuasa motor klasik.

“Idenya saya hanya ingin menampilkan kendaraan tua tapi diaplikasikan dengan teknologi modern. Awalnya PLN sendiri mulai menggunakan kendaraan listrik, saya sendiri dari ikut komunitas motor antik Balikpapan. Rata-rata bentuk motor listrik yang seperti biasa, saya ingin motor lama yang unik, ala retro bisa tampil dengan teknlogi listrik, makanya berfikiran untuk merubah Vespa ini menjadi Vespa Listrik,” jelas Gumelar belum lama ini.

Gumelar mengaku baru mengembangkan motor listri setahun lalu. Menurutnya  proses merubahnya sangat mudah, tidak susah, satu set mesinnya diganti dinamo listrik yang disebut dinano model Hap 10 inc.

Motor Vespa listrik ini tenaganya 1.000 Watt, maksimal kecepatan 40 kilometer/jam dengan baterai berkapasitas 48 volt, 20 ampere. 

“Kalau ngecharger (isi ulang) batreinya full selama 3 jam, sudah bisa digunakan sejauh 40 kilometer, biasanya tergantung medannya, kalau medan jalannya naik turun biasanya harus bekerja keras,” ceritanya.

“Sebetulnya sudah ada teknologi charging 15 menit full bisa.  Motor ini hari-hari digunakan dari rumah ke kantor. Saya tinggal di Balikpapan Baru, kalau dibanding dengan menggunakan BBM jelas lebih hemat, sekitar 45 persen penghematannya, saya tidak pernah antre lagi beli BBM,”tandasnya.

“Kalau konversi ini pengehematan sekitar 45 persen, tapi paling penting tidak menimbulkan polusi gas buang dan tindak menimbulkan suara mesin,” tukasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  SKK Migas – KKKS Kalsul Latih UMKM Promosikan Produk Melalui Medsos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.