Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo saat menghadiri Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Kartika Balikpapan

Pangdam VI Mulawrman : LDKS Untuk Menanamkan Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo menghadiri Upacara Pembukaan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMP, SMA dan SMK Kartika Balikpapan Tahun Ajaran 2022/2023 di Makodam, Sabtu (15/10/2022).

Slamat datang di Makodam VI/Mulawarman kepada anak- anakku peserta Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) semoga kalian dapat mengikuti pelatihan ini dengan penuh semangat dalam menjalankan semua kegiatan,” ujar Pangdam dalam sambutannya.

Dia mengatakan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai upaya menanamkan jiwa kepemimpinan siswa sejak dini, serta memberikan karakter kepemimpinan kepada siswa

 “Maka kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa seperti yang berlangsung saat ini menjadi sangat penting untuk diselenggarakan,” ujarnya

Karena memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda. Dengan memberikan pembekalan tentang wawasan kebangsaan, kerjasama tim (team work) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Termasuk meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap tanggung jawab,memantapkan kemampuan kepemimpinan serta materi lain yang bersifat pengetahuan yang dimiliki para siswa, maka kelak diharapkan tumbuh generasi muda yang tangguh berkepribadian dan mampu bersaing secara sehat.

Perlu disadari bahwa generasi muda merupakan potensi bangsa, karena di pundak merekalah harapan bangsa ini untuk dapat lebih maju,” ujarnya

Untuk itu lanjutnya, pemuda harus dibekali dengan pola pemikiran dan skill yang

positif, sehingga dapat memberikan masukan dan energi yang positif bagi Siswa-Siswi SMP, SMA dan SMK Kartika Balikpapan.

“Oleh karena itu, semangat belajar, semangat menambah pengetahuan dan wawasan harus selalu tumbuh. Kalian harus bisa mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan  sebagai bagian dari perkembangan dunia, karena sejarah bangsa ini akan ditentukan oleh pemudanya,” ujarnya.

Kata dia, perlu disadari bahwa siswa yang cerdas dituntut memiliki jiwa kepemimpinan, karena mereka merupakan kader pemimpin, calon pemimpin bangsa. Untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, harus disiplin di segala bidang, tangguh secara fisik dan mental.

Baca juga ini :  Ratusan Personil TNI AD Gabung Kodam VI Mulawarman

“Oleh karena itu, melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan ini diharapkan para siswa mempunyai jiwa patriotisme dan nasionalisme, memiliki rasa cinta terhadap tanah air, sekaligus sikap hormat menghormati, toleransi dan sopan santun,” ujarnya.

Dia menambahkan, manfaatkanlah kegiatan LDKS selama 2 hari ini dengan sebaik-baiknya untuk belajar menjadi pemimpin yang baik, berdisiplin dan memiliki dedikasi yang tinggi untuk mencapai hasil yang terbaik, sehingga mampu menciptakan tatanan nilai hidup dan kehidupan bangsa yang lebih baik

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.