Kilang Minyak Balikpapan

Pemerintah Optimis Target Investasi Rp 1.200 Triliun Tercapai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Meski ditengah pandemi COVID-19, Pemerintah tetap optimis target realisasi investasi Rp1.200 triliun tahun ini bisa tercapai

Hal itu disampaikan Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Sepanjang semester I 2022 realisasi investasi yang sudah masuk mencapai Rp584,6 triliun atau 48,7 persen dari target yang ditetapkan Jokowi terbesar sebesar Rp1.200 triliun.

“Kementerian Investasi/BKPM masih tetap optimis target realisasi investasi yang diarahkan bapak Presiden sebesar Rp1.200 triliun pada 2022 dapat dicapai,” ujarnya dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Menurutya, perag Rusia – Ukraina berdampak negatif pada perekonomian dunia. Termasuk pengetatan suku bunga oleh bank sentral Amerika Seikat. Sehingga menjadi tantangan iklim investasi Indonesia

Pada kuartal II 2022, realisasi investasi tercatat sebesar Rp302,2 triliun atau mengalami pertumbuhan sebesar tujuh persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Realisasi pada kuartal ini menyerap tenaga kerja sebanyak 320.534 orang dan sebanyak 639.547 orang selama semester I.

Kontribusi Penanaman Modal Asing (PMA) pada triwulan ini mencapai Rp163,2 triliun atau 54 persen dari total investasi, meningkat 39,7 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Kontribusi PMA ini adalah tertinggi dibandingkan beberapa kuartal sebelumnya.

Adapun kontribusi investasi terbesar PMA berasal dari negara Singapura sebesar USD3,1 miliar. Selanjutnya investasi terbesar kedua berasal Tiongkok USD2,3 miliar, Hongkong USD1,4 miliar, Jepang USD0,9 miliar dan Amerika Serikat USD0,8 miliar.

Comments

comments

Baca juga ini :  Fakhri Husaini Soroti Penyelesaian Akhir Pemainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.