Germas dilingkungan Pemkot Balikpapan

Pemkot Balikpapan Aktifkan Germas di Lingkungan Pegawai, Budayakan Hidup Sehat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan kembali menggelar Germas (Gerakan Kesehatan Masyarakat ) yakni  gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat.

Kepala DInas Kesehatan Kota (Dinkes) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, untuk hari ini Germas digelar khusus bagi pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

“Kegiatan Germas ini adalah hal yang rutin kita lakukan dasarnya dari Inpres Nomor 1 Tahun 2019,” ujarnya, Jumat (30/09/2022)

Menurutnya, sejak awal COVID-19 kegiatan Germas sempat terhenti. Namun kini digalakkan kembali setelah kasus COVID-19 melandai dan Balikpapan statusnya PPKM Level 1.

“Namun memang saat pandemi hampir dua tahun tidak diadakan, namun saat ini karena kondisi PPKM Level 1 maka kita sudah boleh melakukan kegiatan-kegiatan,” ujarnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan itu menuturkan, Germas yang digelar bagi pegawai di lingkungan Pemkot rutin setiap hari Jumat.

“Germas rutin dilakukan bekerjasama dengan Bagian Kesra setiap hari Jumat dengan harapan seluruh pekerja dilingkungan Pemkot Balikpapan,” ujarnya.

“Harapannya para pengawai bisa menerapkan germas dan harapannya bisa menjadi budaya hidup sehat. Hari ini diikuti semua organisasi perangkat daerah,”

Germas yang dilakukan pada Jumat (30/9/2022) pagi di halaman kantor pemerintah kota Balikpapan diawali dengan senam sehat yang dihadiri Plt Sekda Muhaimin.

Berbagai kegiatan digelar dalam Germas diantaranya mempromosikan olahraga dan makanan sehat dengan melibatkan UMKM dan Bulog, serta pemeriksaan kesehatan bagi ASN. Juga disediakan sarapan Sehat dan juga dijajakan buah dan sayuran hasil petani di Balikpapan.

“Disini kita melakukan beberapa kegiatan, promosikan olahraga, makan sayur buah yang sehat kita melibatkan UMKM dan Bulog,” ujarnya.

“Kemudin juga selalu ada pemeriksaan kesehatan rutin yang terdiri dari gula darah, kolesterol, asam urat, tekanan darah langsung diketahui hasilnya,”

Baca juga ini :  Pemkot Balikpapan Ingin 100 Persen Warganya Divaksin

Termasuk edukasi dari apoteker melalui program Gema Cermat dengan menghadirkan apoteker dari Kimia Farma terkait cara menyimpan dan meminum obat yang benar.  

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.