Banjir di Jalan Manunggal BDS menyebabkan sejumlah kendaraan mogok

Pemkot Balikpapan Disarankan Keruk Sedimentasi Ketimbang Bangun Drainase untuk Atasi Banjir

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan Taufik Qul Rahman menyarankan, agar Pemerintah Kota (Pemkot) mengalokasikan anggaran penanganan banjir mengangkat sedimentasi ketimbang membangun drainase

“Kemarin saya sudah sempat koordinasi dengan Kabid SDA & Pengairan Dinas PU Balikpapan Ibu Rita. Kita minta tolong gak usah bikin drainase, ini lho sedimen dialokasikan saja anggaran kesitu semua,” ujar Taufik, Rabu (02/12).

Menurutnya, banjir yang terjadi lebih disebabkan karena sedimentasi. Sehingga air meluber hingga ke jalan dan menyebabkan banjir. “Insya Allah air banjir dan air yang tergenang akan jalan mulus kalau sedimen itu sudah gak ada lagi,” ujarnya.

Dia bahkan sudah melihat langsung kondisi sungai maupun drainase yang justru penuh dengan endapan lumpur. Termasuk di Jalan Beler yang selama ini menjadi wilayah terparah banjir karena bisa lebih dari satu meter.

“Termasuk yang kemarin kita koordinasi di Jalan Beler itu semua kalau itu sedimen dikeruk, diangkat dan saluran air berjalan hingga ke laut, Saya rasa amanlah, Insya Allah,” ujarnya.

Kata dia, anggaran untuk membangun drainse hingga miliar sudah bisa digunakan untuk mengangkat sedimentasi disejumlah titik. Karena justru akan lebih menghemat anggaran.

“Seandainya begini bikin drainase anggaran Rp 9 miliar mending dialokasikan kesitu pengangkatan sedimen di berapa titik, lebih hemat,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Update 19 Maret 2021 : Bertambah 69 Pasien Sembuh Covid-19 di Balikpapan, Sehingga Jadi 13.158 Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.