Penuhi Kebutuhan Pokok, Jajaki Kerja Sama Dengan Pemkab Enrekang

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Sebagai penyangga dari Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, tidak bisa dipungkiri Kota Balikpapan masih membutuhkan dukungan dan pasokan kebutuhan pokok yang didatangkan dari luar daerah.

Sehingga dibutuhkan adanya kerja sama antar daerah dalam memenuhi pasokan kebutuhan pokok bagi warga Kota Balikpapan. Untuk itu Pemkot Balikpapan sangat terbuka jika ada daerah-daerah yang ingin menjalin kerja sama.

Asistem II Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Balikpapan, Agus Budi Prasetyo mengatakan, kedatangan perwakilan dari Kabupaten Enrekang merupakan dari tindak lanjut kunjungan Pemkot Balikpapan beberapa tahun lalu untuk kerja sama di bidang penyediaan bahan kebutuhan pokok yang lebih ke arah hanya pada bawang merah.

“Tapi kunjungan yang hari ini dilakukan akan diperluas ke kebutuhan pokok strategis yang saat ini Kota Balikpapan masih belum bisa memenuhinya,” ujar Agus Budi Prasetyo saat diwawancarai media, Jumat (3/6/2022).

Kata Agus Budi, deperti diketahui Kota Balikpapan masih defisit 85 persen untuk penyediaan bahan pokok  pangan seperti padi, daging, telur, cabai dan sayuran.

“Kami sarankan dalam kerja sama nanti bukan hanya bawang merah, tapi juga ada padi, jagung, cabai, daging sapi,” akunya.

Pemkot Balikpapan juga akan memfungsikan peran Perumda dalam proses kerja sama ini, supaya sebagai operatornya, hal lain kalau mereka sudah datang ke sini untuk mengantar bahan pokoknya, pada saat kembali jangan sampai alat transportasi kosong sehingga jadi biaya tinggi.

“Memang semakin banyak daerah yang menawari kerja sama sangat baik, seperti Polman, Enrekang, dan Barru. Maka nanti kita mencari yang paling kompetitif dan Kota Balikpapan memerlukan banyak sekali kebutuhan pokok, yang tidak disediakan daerah ini bisa disediakan daerah lainnya,” ujar Agus Budi.

Baca juga ini :  Fakhri Husaini Beberkan Kunci Kemenangan Persiba

Sementara itu, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Enrekang, Wahab Cawidu memberikan apresiasi kepada Pemkot Balikpapan yang telah menyambut baik kedatangan mereka, yang pada nantinya akan dilanjutkan dalam proses kerja sama.

“Jadi kabupaten Enrekang akan menyiapkan bahan baku yang strategis untuk kebutuhan pokok di Kota Balikpapan dari segi pencanangan MoUnya akan kami siapkan diakhir bulan Juni ini,” ujar Wahab.

Wahab menambahkan, mengenai produksi pertanian dan peternakaan di Kabupaten Enrekang cukup melimpah, sehingga Pemkab mengupayakan agar hasil pertanian dan peternakan bisa disalurkan, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Kota dan Kabupaten lainnya.

“Tentunya dengan memberikan dengan harga yang kompetitif serta bahan pokok yang dibutuhkan bagi warga Kota Balikpapan,” akunya.

Karena sejarah tidak bisa dilupakan, banyak warga Kaltim ini berasal dari Sulawesi sehingga sudah ada terjalin komunikasi yang baik dan saling membutuhkan.

“Apalagi kita ketahui bersama Kota Balikpapan sebagai penyangga IKN yang baru, penduduk akan bertambah sehinhga berdampak pada permintaan kebutuhan pokok yang ikut meningkat,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.