Penyangga IKN, Perlu Dukungan Lintas Agama

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Kepala Kesbangpol Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra mengatakan, kegiatan orientasi kerukunan umat beragama dalam rangka menyambut kehadiran IKN di Kaltim sangat baik.

“Tentu Pemkot Balikpapan menyambut baik kegiatan ini, selain sebagai forum silaturahmi lintas agama, juga sebagai sarana strategis dalam rangka memperkuat kerukunan antar umat beragama yang merupakan modal dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” ujar Adwar Skenda Putra, Selasa (8/11/2022).

Edo biasa Adwar Skenda Putra disapa, dialog dan komunikasi lintas agama merupakan hal yang mutlak harus senantiasa dikembangkan, khususnya dalam upaya menyikapi perubahan zaman yang sangat cepat.

“Serta dalam rangka menyambut IKN di Kaltim, sebagai IKN sudah semestinya menyadari peran kita untuk memberikan contoh pada daerah lain tentang kerukunan hidup antar umat beragama yang saling menghormati dan menghargai perbedaan, serta saling support dan sinergi mewujudkan perbedaan yang lebih baik,” jelas Edo.

Oleh karena itu perlu dukungan oleh para tokoh lintas agama membantu menyuarakan pesan damai dalam hidup beragama kepada masing-masing umatnya.

“Kegiatan yang melibatkan lintas agama dapat dilaksanalakan semakin semarak di Kota Balikpapan dengan pentingnya menjaga kerukunan beragama demi utuhnya NKRI,” akunya.

Joko Widodo Presiden mengatakan, pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan berjalan lancar dan sesuai dengan lini masa yang direncanakan.

Optimisme Presiden berdasarkan pengalaman pemerintah membangun sejumlah infrastruktur, antara lain Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo yang memiliki cukup banyak tantangan.

Bandara di Kulon Progo sebesar itu saja selesai 18 bulan, satu setengah tahun. Padahal, tantangannya banyak. Interiornya sulit, kemudian ceilingnya juga tinggi banget, itu bisa diselesaikan,” ujar Presiden di sela kegiatan meninjau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Rabu (22/6/2022).

Baca juga ini :  Debut Fakhri Husaini, Borneo FC Bakal Kehilangan Empat Pemain

Pada kesempatan itu, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menambah optimisme tersebut. Dia bilang, pembangunan di KIPP bisa dimulai Agustus 2022.

“Di sini Agustus kami rencanakan sudah mulai pembangunan,” ucap Menteri PUPR.

Di tempat terpisah, Danis H. Sumadilaga Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN menyampaikan di titik Presiden meninjau nantinya akan dibangun Istana Kepresidenan.

Dia juga menjelaskan, pihaknya akan segera memulai pelaksanaan pembangunan kawasan IKN secara bertahap, terutama dalam rentang waktu 2022-2024.

“Di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan kami akan membangun land development beberapa kawasan untuk pengembangan Istana, untuk pengembangan kantor-kantor dan sebagainya, didukung oleh air bersih, sanitasi, drainase, dan lain-lain,” ungkapnya.

Kemudian di luar kawasan IKN, akan mulai dibangun jalan tol ke arah IKN.

Insyaallah mulai bulan Agustus pembangunan IKN akan dimulai,” lanjutnya.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut antara lain Puan Maharani Ketua DPR RI, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bambang Susantono Kepala Badan Otorita IKN, dan Isran Noor Gubernur Kalimantan Timur

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.