Upacara Peringatan Peristiwa Merah Putih di Lapangan Parkir Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanga Sanga (foto Yuvita Indrasari)

Peringatan 74 Tahun Peristiwa Merah Putih Sanga-sanga

SANGA-SANGA, Inibalikpapan.com – Hari ini 27 Januari 2021 tepatnya 74 tahun lalu akan selalu dikenang masyarakat Kaltim karena peristiwa paling bersejarah dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Ketika itu, menjadi peristiwa berdarah yang dikenal dengan Peristiwa Merah Putih Sangasanga. Selama 3 hari Belanda menyerbu dengan persenjataan lengkap mencoba membumi hanguskan Sanga-sanga yang kaya dengan minyak.

Warga Sanga-sanga melakukan perlawanan dengan persenjataan seadanya. Mereka berjuang mempertankan wilayahnya dari gempuran Belanda. Peristiwa itu selalu diperingati setiap tahun.

Dalam Peringatan tahun ini, Wakil Gubernur Kaltim HM Hadi mulyadi menjadi Inspektur Upcara di Lapangan Parkir Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanga Sanga, Kabupaten kutai Kertanegara, Rabu (27/01).

“Kita bersyukur bisa melaksanakan Peringatan Peristiwa Merah Putih tahun ini. Meski dalam kondisi pandemic,” ujar Hadi dilansir dari instagram Pemerintah Provinsi Kaltim.

.”Diharapkan momentum ini tetap memberikan semangat bagi masyarakat Sanga Sanga untuk membangun negara ini khususnya Sanga Sanga,”

Karena di masa pandemic Upacara Peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga-sanga dilakukan secara terbatas, dihadiri Wakil Bupati Hairil Anwar Dan Forkopimda Kukar dan Camat Sanga Sanga Gunawan serta janda dan cucu

Comments

comments

About glen

Check Also

Sebulan Kepergian Thohari Azis, Keluarga Masih Trauma

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebulan pasca Thohari Azis Wakil Wali Kota Balikpapan terpilih yang meninggal dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.