Home / covid-19 / Perwali Panduan New Normal Sudah di Meja Wali Kota
Kota Balikpapan

Perwali Panduan New Normal Sudah di Meja Wali Kota

BALIKPAPAN, Inibalikpapanj.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengungkapkan, draf Peraturan Wali Kota (Perwali) yang akan menjadi panduan new normal atau kebiasaan baru sudah berada di mejanya.

“Sabar, sudah di meja saya,” ujar Rizal singkat.

Namun meski telah berada di mejanya, belum ditekennya. Karena masih mendiskusikan dengn Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.  Kita masih berdiskusi dengan Tim Gugus Tugas, dengan Pak Dandim, Pak Kapolres,” ujarnya

Dia ingin ketika Perwali itu ketika diberlakukan, benar-benar efktif. Sehingga tak ingin buru-buru diterbitkan. “Supaya ini kalau dilaksanakan benar-benar efektif. Jangan sampai kita sampaikan ternyata tidak efektif,” ujarnya.

Selain itu kata dia, harus menyesuaikan dengan Peraturan Pemerintah yang kerap berubah-ubah menyesuaikan kondisi di lapangan. “Jadi kita siapkan dulu dengan cermat , melihat perkembangan-perkembangan di lapangan,” ujarnya.

Salah satunya perubahan Peraturan Kementerian Perhubungan (Pemenhub) yang baru terkait masa berlaku rapid test dari sebelumnya hanya 3 hari menjadi 14 hari. Kemudian uji swab dari sebelumnya 7 hari menjadi 14 hari.

“Karena ini kan terus perubahan-perubahan, misalnya kewajiban PCR di lalu-lintas Perhubungan. Tiba-tiba ini ada perubahan yang baru dari Menteri Perhubungan rapid testnya, PCR nya diperpanjang jadi 14 hari,” ujarnya

“Bila dua hal itu tidak ada bisa dengan surat keterangan dokter. Jadi kita harus menyesuaikan kebijakkan-kebijakkan seperti ini supaya  jangan sampai tidak sejalan pusat dan daerah,”

“Kita selalu lakukan evaluasi jangan sampai begitu  dilaksanakan sudah terjadi perubahan kebijakkan di lapangan (pusat). Karena ini cepat sekali kebijakkan-kebijakan baru berkembang, baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi.”

Comments

comments

About abraham johan

Check Also

Pemkot Balikpapan Belum Terapkan Kepmenkes Terbaru, Ini Alasannya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 belum menerapkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.