Kepala Perwakilan Kantor BI Balikpapan Raden Bambang Setyo Pambudi saat rilis temu media (21/4/2022)

Ramadan dan Lebaran 2022, BI Balikpapan Siapkan Penukaran Uang Rp3,1 Triliun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kebutuhan uang kartal pada jelang lebaran 2022 ini diperkirakan naik 43 persen.  BI Balikpapan menyiapkan Rp3,1 trilun, kebutuhan uang kartal pada ramadan dan lebaran 2022.

Sebelum pandemik 2019 lalu, kebutuhan penukaran uang kartal mencapai Rp1,78 trilun. Namun saat ini mendekati lebaran 2022 (H-11) sudah mencapai Rp1,6 triun.

“Ini menandakan sektor-sektor komsumsi rumah tangga, belanja dan ATM telah mengasur-angsur  normal. BI Balikpapan siap penuhi kebutuhan uang sisi nominal maupun pecahan. B Indonesia Balikpapan Siapkan Rp3,1 triliun atau 196 persen dari proyeksi kebutuhan ramadan 2022,” jelas Kepala Perwakilan Kantor BI Balikpapan R Bambang Satyo Pambudi, saat acara temu media, Kamis (21/4/2022).

BI Balikpapan yang mencakup wilayah kota Balikpapan, Kabupaten PPU dan Kabupaten Paser menyiiapkan 114 titik layanan penukaran uang.

“Kalau masyarakat mau menukar uang ada 114 titik perbankan yang siap melayani penukaran. Teman-teman juga sudah dokumentasikan ada beberapan bank sudah melayani,” ujarnya.

Selain itu, BI Balikpapan membuka kas keliling masyarakat pada 19 dan 21 April pasar Segar  Balikpapan. “Yang menukar bisa melakukan di aplikasi pintar di website https;pintar.bi.go.id ikuti petunjuk yang tersedia. Diaplikasi pintar saya dikabari itu sudah penuh juga ya. Di pasar segar hanya melayani saja karena masyarakat mendaftar secara online lewat aplikasi online,” jelasnya.

Selain itu BI Balikpapan juga bekerjasama dengan beberapa aparat di Kodim Balikpapan, Polda, Brimob dan Danlanal. “kita melakukan kerjasama penukaran secara kolektif,” tambahnya.

Bambang menambahkan BI Balikpapan juga memastikan ketersedian uang di wilayah seperti PPU dan Paser pada jelang lebaran termasuk Kaltara, Palu.

“Sebagai depo kas wilayah. Kita juga jadi kasnya beberapa Kpw terdekat seperti melayani kasnya KPw BI Kaltim,kita juga kirimi kesana, ke Kaltara dan juga wilayah Kas di Palu,” sebutnya.

Baca juga ini :  Resmi, Presiden Lantik Anggota KPU dan Bawaslu, Berikut Nama-namanya

“Kita juga memiliki kas titipan di BPD Kaltim tanah paser kerjama dengan BPD. Seperti menaruh kas di bank Kaltimtara melayani perbankan di tanah paser. Ini untuk mendekatkan pelayanan,” tukasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.