Rumah Taman Dihantam Longsor, Ruangan dipenuhi lumpur dan Tanah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com —  Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan pada dinihari dan Kamsi pagi juga menyebabkan longsor di pemukiman warga RT 40 no 71D Jalan MT Haryono Dalam, Gang VI kawasan Bj-BJ, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan. Tanah setinggi 3 meter di samping rumah mengalami longsor. Diketahui tidak ada siring dari tebing tanah setinggi 3-4 meter itu.

Longsor menimpa rumah, Taman (56) pukul 08.00 wita, Kamis (9/9/2021). Tidak ada korban jiwa namun rumah Taman mengalami kerusakan samping akibat temboknya jebol dan material longsor memenuhi ruangan bagian tengah. Tanah setinggi 3 meter di samping rumah mengalami longsor.  

Taman mengaku sudah membaca akan terjadi longsor tanah di sekitar rumahnya karena itu dia membereskan barang-barang sebelum terjadi longsor. Hal ini diketahui  karena sudah ada retakan kecil di bagian tanah di luar rumahnya. “Retak kecil saja tapi semalam itu tanahnya longsor begini (kecil) kemudian lihat ke atas tau-tau sudah longsor. Anak-anak ta suruh keluar semua. Jam 8 tadi udah keliatan terus brol-brol langsung longsor,” jelasnya kepada media.

Material longsor langsung masuk ke dalam rumah yakni dibagian tengah atau ruang tamu. Sejumlah kursi dan beberapa barang mengalami kerusakan karena terkena material longsor  

“Saya tau itu mau roboh nah meja saya taruh disini kalau ngak itu masuk ke kamar anak saya. Saya tahan air dan tanah pakai meja,” ujarnya.

Longsor ringan ini, juga dilaporkan pihak RT kepada kelurahan dan babinsa.

“Setelah kejadian saya langsung ke kelurahan. Alhamdulillah warga kompak gotong royong setelah itu ya korban tidak ada,”kata Ketua RT 40 Sutopo.

Rencananya akan dilakukan pemasang terpal di lokasi longsor agar saat hujan turun tidak menjadi parah. “Warga akan gak dipindahkan kan disini ada kamar

Baca juga ini :  Tiga Poin yang akan Disampaikan Wali Kota ke Presiden

masih ada. Tanahnya ini sudah diangkutin sama warga termasuk material,” ujarnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.