Andi Sri Juliarty

Satgas Covid-19 Balikpapan Kirim Dua Sampel ke Puslitbangkes Kemenkes

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mengirimkan dua sampel ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Puslitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  terkait kemungkinan varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, sampe yang dikirim agar diperiksa dengan metode whole genome sequencing (WGS) di Puslitbangkes untuk mengetahui varian covid-19 yang menginveksi.

“Kita memang ada mengirim dua sampel, pertama kita kirim tanggal 24 November dan yang kedua 17 Desember namun belum ada hasil,” ujarnya kepada awak media, Rabu (22/12/2021)

“Di Balikpapan belum ada hasil pemeriksaan untuk mendeteksi jenis virus yaitu pemeriksaan whole genome sequencing,”

Kasus Omicron Pertama Diduga dari WNI yang Datang dari Negeria

Sampel yang dikirim yang pertama dari kru kapal asing yang masuk perairan Balikpapan.  Karena sesuai ketentuannya, dari luar negeri wajib dilakukan skrining ditengah merebaknya varian Omicron.

“Yang kru kapal itu memang wajib skrining ketika akan masuk wilayah perairan kita, teman-teman KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan ) melakukan skrining,” ujarnya

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan itu berharap, hasil pemeriksaan bisa cepat keluar. Karena saat pemeriksaan Puslitbangkes ketika itu jvarian delta juga cukup lama.

“Kita tunggu saja karena delta yang lalu juga cukup lama. Kita menunggu tiba-tiba keluar banyak. Ini yang kita harapkan juga supaya yang dari puslitbangkes ini bisa cepat hasilnya,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  Update 22 Mei 2020 : Bertambah 5 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 5 Kasus Sembuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.