Isran Noor

Sebut Kaltim Penghasil Oksigen Dunia, Gubernur Isran Noor Nilai Wajar Ditetapkan Jadi IKN

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Gubernur Kaltim Isran Noor menilai wajar, Bumi Etam ditetapkan Presiden Joko Widodo menjadi  Ibu Kota Negara (IKN) menggantikan Jakarta.

Isran mengatakan, Kaltim selama ini sebagai salah satu paru-paru dunia atau penyumbang oksigen terbesar. Disamping, kondusifitasnya terjaga dan potensi terjadi sangat kecil.

“Kaltim adalah salah satu penghasil oksigen di dunia. Maka, wajar jika IKN ditetapkan di Kaltim. Salah satu alasannya itu,” ujar Isran Noor

Mantan Bupati Kutai Timur (Kutim) itu menyatakan, kondisi lingkungan hidup Kaltim yang baik dan kelembaban udara tinggi, sehigga tidak ada lahan kritis dan gersang.

“Meski ada pertambangan atau galian tambang batu bara, tapi diatasnya juga pasti ada tanaman yang tumbuh. Khususnya di Kaltim, itu sudah bisa dilihat,” ujarnya.

Karenanya, Isran Noor mengajak seluruh pihak khususnya masyarakat untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Kawasan Inti IKN Nusantara.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan berkunjung ke IKN dalam waktu dekat, sekaligu melakukan groundbreaking tanda dimulainya pembangunan infrastruktur.

Rencananya istana presiden dan wakil presiden, kantor kementerian dan sejumlah lembaga negara akan dibangun lebih dulu. Termasuk infrsatruktur pendukung.

Pemerintah Pusat mengalokasikan sekitar Rp 5,3 triliun tahun ini untuk pembangunan di IKN. Bahkan hingga 2024 total anggaran pembangunan mencapai Rp 43 triliun. (adpimprovkaltim)

Comments

comments

Baca juga ini :  4 Rumah di Gusam Terbakar, Polisi Selidiki Penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.