Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mendampingi Presiden Joko Widodo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mendampingi Presiden Joko Widodo / Sekretariat Presiden

Survei Polmatrix Terbaru, Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Survel terbaru Polmatrix elektabilitas masih di dominasi Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan untuk bursa calon presiden 2022.

“Ganjar, Prabowo, dan Anies bersaing ketat di posisi tiga besar capres dengan elektabilitas masing-masing di atas 20 persen,” kata Dendik Rulianto dalam hasil survei yang diterima, Sabtu (29/10/2022

Namun dari ketiganya, Ganjar Panowo lebih unggul dengan meraih 23,2 persen. Diikuti Prabowo Subianto dengan 21,7 persen dan Anies Baswedan dengan 21,3 persen.

Meski begitu kata Dendik, melihat tren elektabilitas ketiganya sepanjang tahun ini, persaingan masih dinamis. Ketiganya sama-sama pernah memimpin pada peringkat pertama.

“Ganjar, Prabowo, dan Anies hampir pasti bakal diusung sebagai capres,” lanjutnya dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Sementara figur lainnya, elektabilistasnya masih tertinggal jauh. Diantaranya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hanya meraih 5,1 persen. Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil (RK) 4,7 persen dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hanya 3,6 persen. Sehingga kemungkinan hanya berebut calon Wakil Presiden.

“Harus puas berebut posisi cawapres. AHY mengalami kenaikan dibanding survei bulan Juni 2022, hingga menggeser posisi RK dan Sandi,” ujar Dedik.

Adapun Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani hanya meraih 3,0 persen. Sementara Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto hanya meraih 1,0 persen.

Survei dilakukan pada 17-22 Oktober 2022 kepada 2.000 responden mewakili 34 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling (acak bertingkat) dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,2 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Comments

comments

Baca juga ini :  Survei Poltracking, Berpasangan dengan Siapapun Ganjar Pranowo Tetap Unggul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.