Kepala BPBD Kota Balikpapan Silvi Rahmadina

Tiga Rumah Hancur Rata dengan Tanah Akibat Longsor di Graha Indah Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tiga rumah di Jalan Sangga Buana RT 52 Kelurahan Graha Indah Balikpapan Utara, hancur dan rata dengan tanah akibat longsor yang terjadi sekitar pukul 04.00 Wita pada Senin (03/10/2022).

Kepala BPBD Kota Balikpapan Silvia Rahmadina mengatakan, tanah mulai bergerak sejak Sabtu (01/10/2022). Sehingga penghuninya kemudian langsung diungsikan dan tak ada korban jiwa.

“Jadi sebenarnya rumah longsor itu sudah kita mitigasi dan penghuninya sudah tidak menempati rumah itu lagi tapi sudah berpindah ke tempat yang lain,” katanya.

“Jadi pada hari Sabtu sudah terjadi penurunan tanah kemudian, kemarin puncaknya longsor terbesar tadi. Kalau hari sabtu rumahnya masih terlihat utuh, tapi hari ini tadi sudah habis rumahnya, tapi penghuninya sudah tidak ada sudah mengungsi ,”terangnya.

Sebagian barang-barang penghuni rumah sudah berhasil diselamatkan. Hanya saja, pemilik rumah yang mencoba menyelamatkan barang lainnya, justru sempat terkena reruntuhan bangunan.

“Bapaknya tadi agak luka sedikit karena bapaknya masih berusaha menyelamatkan barangnya lagi dan kejatuhan tembok di kepala sehingga di jahit 6 jahitan,” ujarnya.

Sementara hasil kajian, di lahan tersebut tidak direkomendasikan untuk didirikan bangunan kembali karena akan sangat berbahaya. Sehingga nantinya akan ada tim yang berbicara dengan pemilik lahan.

“Tadi kami sudah berkonsultasi terkait kajian lebih lanjut, untuk tindaklanjuti bencana longsor ini. Secara kerawanan sebenarnya di tempat itu sudah tidak direkomendasikan untuk mendirikan bangunan,” ujarnya.

“Yang pasti tahap awal kita mencegah bagaimana fasilitas umum, jalan itu longsor juga, karena itu pas di bibir jalan,”

Pihaknya juga sudah meminta PLN untuk memindahkan tiang listrik yang berada dekat lokasi longsor tersebut untuk segera dipindahkan dan informasi terakhir sudah mulai dipindahkan.

Baca juga ini :  Sudah Divaksin, Keluar Kota Tetap Tes Antigen

“Kemudian yang kedua kami merekomendasikan PLN untuk memindahkan, karena ada tiang besar disana dan tadi sebenarnya sudah mulai dikerjakan untuk dipindahkan ke sisi jalan sebelahnya,” tukasnya.

Ini pencarian Populer:https://www inibalikpapan com/tag/longsor-balikpapan/,https://www inibalikpapan com/tiga-rumah-hancur-rata-dengan-tanah-akibat-longsor-di-graha-indah-balikpapan/

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.