Pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mark Merthens saat menjadi korban sandera TPNPB-OPM. /suara

TPNPB-OPM Kembali Terbar Ancaman ke Pemerintah Indonesia

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengancam Pemerintah Indonesia akan membunuh pilot yang menerbangkan pesawat masuk wilayah terbang Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com, mereka mengancam akan menghabisi pilot pesawat. Mereka menyebut, area tersebut merupakan wilayah zona perang.

“Kami juga sudah berulang kali sampaikan kepada pemerintah RI dan dunia internasional, namun (kalau) pemerintah Indonesia masih saja kepala batu menerbangkan pesawat masuk di wilayah zona perang, maka kami akan targetkan pilot kali ini,” kata juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom dalam keterangan tertulisnya

Sebelumnya, TPNPB-OPM mengaku telah menembak pesawat Asian One jenis caravan dengan kode penerbangan PK LTF karena dianggap mengangkut logistik milik TNI.

Penembakan dilakukan oleh kelompok TPNPB-OPM pimpinan Arodi Kulua bersama Lewis Kogoya. Saat tembakan pertama, Sebby menyebut kalau pesawat sempat berusaha untuk kembali.

“Dalam laporan Arodi Kulua dan Lewis Kogoya menyampaikan bahwa pesawat tersebut dari luar masuk ke Beoga membawa peralatan TNI maka kami menembak,” terang Sebby.

Namun yang dilakukan pilot pesawat itu malah memancing pasukan TPNPB-OPM untuk menggencarkan tembakan ke arah pesawat. Alhasil pesawat terpaksa mendarat dan tak kembali.

Setelah melakukan penembakan, TPNPB-OPM masih melakukan pengawasan apakah ada helikopter yang dibawa TNI masuk ke wilayah. “Jika TNI masuk maka kami akan tembak secara serentak,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Tim PON Kaltim Terancam Tanpa Pemain ISL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.