Pj Sekda Kota Balikpapan Muhaimin

Tren Kasus Covid Naik, Ingatkan Prokes Saat Merayakan Iduladha

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan mengingatkan kepada warga untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan (prokes) mengingat covid-19 itu masih ada.

Pj Sekda Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, meski kasus covid-19 mulai tren naik apalagi di Kota Balikpapan walaupun secara nasional masih di PPKM level 1, tapi dari provinsi Kaltim mengingatkan harus waspada.

“Kami imbau masyarakat jangan abai prokes karena kasus Covid-19 di Balikpapan trennya naik,” ujar Muhaimin kepada media, Minggu (10/7/2022).

Termasuk pada saat merayakan iduladha tentu silaturahmi bokeh dan disilahkan, tapi tetap prokes tetap dijaga, jangan kumpul banyak orang dan pada saat pemotongan hewan kurban jangan terlalu banyak orang serta serahkan kepada panitia.

“Waspada juga terhadap keluarga yang habis selesai liburan¬† karena besok mulai tahun ajaran baru banyak orang tua yang pulang liburan terkonfirmasi positif Covid-19 dari peejalanan keluar daerah, misalnya ada gejala sebaiknya istirahat di rumah agar tidak menularkan kepada yang lain,” imbaunya.

Untuk diketahui, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Timur merilis status daerah dalam penanganan pandemi. Data yang dirilis Jumat 8 Juli 2022, sejumlah daerah mengalami penignkatan status.

Meski demikian, kasus sembuh juga terus bertambah. Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, menjelaskan kasus sembuh bertambah 9 orang.

“Kita bersyukur sembuh terus bertambah. Tapi, masyarakat diimbau tetap waspada. Karena Covid-19 masih ada,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Setyo Budi Basuki dilansir Biro Adpim Setda Prov Kaltim.

Setyo Budi berpesan masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari. Karena, bukti Covid masih terjadi sangat terlihat dari data-data yang terkonfirmasi dan zona hijau di daerah terus menurun.

Bahkan, saat ini Kota Balikpapan sudah masuk zona merah. Sehingga wajib waspada Covid, walaupun ada kelonggaran oleh pemerintah daerah.

Baca juga ini :  Guru TPA Meninggal Saat Acara Halal Bi Halal di Balikpapan

“Hari ini, Balikpapan sudah zona merah. Hanya Mahakam Ulu dan Paser di zona hijau, lainnya kuning,” jelas Setyo Budi.

Untuk itu, Pemprov Kaltim mengajak agar masyarakat jangan lalai, Covid masih ada di lingkungan masyarakat.

Sementara untuk terkonfirmasi positif bertambah 12 kasus. Pasien dirawat bertambah tiga kasus total 85 kasus. Sedangkan kasus meninggal nol.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.