Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 saat menggelar konfrensi pers

Update 10 Mei 2020 : Bertambah 4 Kasus Positif di Balikpapan, Klaster Magetan dan ABK

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –Kasus terkonfirmasi positif di Kota Balikpapan kembali bertambah 4 kasus. Demikian disampaikan Wali kota Balikpapan Rizal Effendi dalam konfrensi pers pada Minggu sore (10/05/2020) .

“Kemarin kita senang banyak yang sembuh, tetapi hari ini kita mendapatkan laporan dari Surabaya ada 4 pasien kita status PDP terkonfirmasi positif dengan begitu jumlah pasien kita yang terkonfirmasi positif sampai hari ini 43 orang,” ungkapnya.

Menurutnya dengan bertambahnya 4 kasus baru positif, sehingga yang masih menjalani perawatan di rumah sakit berjumlah 24 orang. Sementara pasien yang sembuh tidak ada penambahan, masih tetap 17 orang, meninggal 2 orang.

“Kalau kemarin 39 orang, hari ini menjadi 43 orang dan yang masih dirawat dirumah sakit dengan tambahan 4 orang ini menjadi 24 orang dan yang sembuh tidak ada perubahan seperti kemarin totalnya 17 orang, meninggal 2 orang,” ujarnya.

Dia mengungakpkan, 4 kasus baru positif yakni wanita 62 tahun merupakan transmisi lokal karena kontak erat dengan pasien positif yang telah meninggal pertama. Kemudian laki-laki 41 tahun merupakan Klaster anak buah kapal (ABK).

“Kemudian ada pasien laki-laki berusia 41 tahun ini ABK ada kaitan dengan 2 ABK sebelumnya yang positif. Kemudian ada 2 laki laki-laki berusia 17 tahun ini dari klaster Magetan,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) saat ini yang masing dirawat di rumah sakit 19 orang. Sedangkan k orang dalam pengawasan (ODP) justru berkurang 41 kasus sehingga jumlahnya menjadi  287 kasus.

“Jumlah ODP yang menjalani karantina sendiri di rumah mengalami penurunan hari ini tercatat 287 atau menurun 41 kasus dibandingkan kemarin terdapat 328 kasus. Jumlah spesimen yang kita tunggu smpai saat ini 39,” tukasnya.

Baca juga ini :  DPRD Balikpapan : Di LP Saja yang Tertutup Bisa Kebobolan, Ini Bahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.