Usai Donor Darah, AFCEB Berikan Donasi Sembako

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kegiatan donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” di Balikpapan, Kalimantan Timur diikuti oleh 43 peserta dari Asosiasi Fans Club Eropa Balikpapan (AFCEB) yang tergabung dalam SuperSoccer. Para peserta datang ke Kantor PMI Balikpapan di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan dari pukul 09.00-15.00 WITA secara bergantian sesuai dengan protokol kesehatan agar tidak terjadi kerumunan.

Koordinator SuperSoccer Balikpapan, Henry Stefanus Sugirno mengatakan dari jumlah peserta yang ambil bagian, berhasil terkumpul 38 kantong darah. Jumlah ini melebihi target yang ditetapkan panitia, yakni 30 kantong darah.

“Kegiatan donor darah ini membuat para member AFCEB tergerak untuk ambil bagian. Dari awal, mereka menilai kegiatan ini sangat positif serta mampu memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. Sayangnya beberapa tidak lolos screening,” tutur Henry.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Baca juga ini :  Donor Darah Sinergitas TNI-Polri Peduli Kemanusiaan

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Setelah mendonorkan darah, para member AFCEB ini turun ke jalan. Mereka membagikan paket sembako berisi gula, minyak, teh, kopi, dan mie instan dengan sasaran anak yatim, tukang sapu, tukang ojek, sopir angkot, tukang parkir, hingga penjual makanan di pinggir jalan.

“Kami membagikan 150 paket sembako. Ini merupakan wujud kepedulian dari teman-teman AFCEB terhadap masyarakat yang saat ini terdampak pandemi COVID-19,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.