Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud

Wali Kota Apresiasi OPD Genjot Realisasi Serapan APBD BAlikpapan 2021 Ditengah Pandemi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud mengapresiasi capaian organisasi perangkat daerah (OPD) dalam reliasasi serapan anggaran 2021, eski ditengah pandemi.

Dimana berdasarkan laporan SIPERANGKO realisasi serapan anggaran atau fisik daerah Kota Balikpapan tahun 2021 mencapai 91,37 persen lebih tinggi dibanding dari tahun 2020  sekitar 84 persen.

“Selamat dan apresiasi kepada kinerja Kepala OPD dan staf ditengah pandemi covid-19 sehingga menghasilkan realisasi fisik APBD Tahun 2021 diatas 90% dan keuangan diatas 80 persen,” ujarnya

“Tapi ingat jangan jumawa, tingkatkan lagi kerjasama dan gotong royong disemua OPD agar kinerja Tahun 2022 bisa lebih baik dari tahun 2021, guna mewujudkan Balikpapan sebagai Kota Terkemuka, Yang Nyaman Dihuni, Modern, dan Sejahtera Dalam Bingkai Madinatul Iman.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Arfiansyah  menjelaskan bahwa SIPERANGKO merupakan pengembangan dari aplikasi SIMONTEPRA (Sistem Monitoring Evaluasi Pengawasan Realisasi  Anggaran) yang berakhir tahun 2020 .

Kepala Kerja Sama dan Perkotaan itu menuturkan, bahwa realisasi 62 persen pada bulan November 2021 tersebut memang rendah, namun rata-rata nasional dan provinsi juga demikian.
“Karena banyak kabupaten kota  yang realisasinya dibawah 60 persen. hal itu tetap saja mengkhawatirkan kami sebagai pengampu pengendalian dan pelaporan APBD,” ujarnya

Karena itu lanjutnya, sesuai arahan Wali Kota dan Sekretaris Daerah pihaknya kemudian berkoordinasi dengan OPD, menggelar rapat koordinasi hingga lima kali dari November hingg Desember.

“Ada lima kali rakordal baik tatap muka maupun virtual dari pertengahan bulan November sampai Desember 2021,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  POTRET Wali Kota Menandatangani KUA-PPAS 2022 Melalui Rapat Virtual

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.