Home / covid-19 / Wawali Balikpapan : Masyarakat Tak Perlu Takut Swab
Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud

Wawali Balikpapan : Masyarakat Tak Perlu Takut Swab

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud meminta masyarakat khususnya pedagang di Pasar Muara Tradiisonal Rapak ataupun Plaza Rapak tak perlu khawatir jika harus swab massal.

Pasalnya, bebertap kali swab massal yang digelar Pemerintah Kota Balikpapan kehadiran pedagang sangat rendah. Sementara hingga kini sudah ada puluhan pedagang yang tertular covid-19 dan ada yang telah meninggal dunia.

“Masyarakat perlu kesadaran, dia khawatir kalau raid test reaktif, positif langsung di isolasi. Gak perlu khawatir sebenarnya,” ujar Rahmad usai menjalani Sholat Idul Adha, Jumat (31/07)

Dia mengatakan, banyak yang juga sembuh dari covid-19 setelah menjalani perawatan maupun isolasi mandiri. “Kan banyak kasus-kasus lain sudah terjadi, alhamdulilah dengan berobata 3-4 hari paling lama seminggu sudah bisa sembuh,” ujarnya

“Yang penting pengobatannya baik. Saya pikir gak perlu ditakutkan, jangan takut berlebihan, memang covid-19 ada. Virus ini ada tapi sejauh ini banyak juga yang sembuh,”

Soal kebijakkan pengelola Plaza Rapak yang mewajibkan para pedagang menjalani rapid test sebelum berjualan, menurutnya kebijakkan itu baik. Namun juga tetap waspada karena pengunjung dari berbagai kalangan yang datang.

“Saya pikir itu juga baik, tapi tidak ada gunanya kalau pedagangnya saja di rapid test, pengunjungnya kan dari berbagai kalangan. Saya tahu di Plaza rapak itu sudah ketat sekali melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia juga prihatin dengan merebaknya kasus covud-19 di Plaza maupun Pasar Muara Rapak telah berdampak pada pendapatan para pedagang. Karenanya di beraharp, bisa segera teratasi kasus covid-19 di Kota Balikpapan.

“Saya berharap ini bisa kita atas, kasihan juga saudara-saudara kita yang berdagang di Plaza Rapak, pasti omsetnya akan menurun dan tentunya ini akan jadi masalah dari segi ekonomi,” ujarnya.

Namun dia meminta dukungan semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengatasi covid-19. Misalnya dengan mengikuti rapid test maupun swab massal yang digelar. Termasuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Pemerintah gak akan bisa jalan sendiri, pemerintah tidak akan mungkin bisa mengatasi sendiri tanpa dukungan dari segenap lapisan masyarakat Balikpapan

“Itulah kenapa Pemerintah selalu menganjurkans swab massal, rapid test , karena ini bagian yang tidak bisa kita hindari. Tapi yakinlah dibalik semua ini pasti allah akan memberikan keberkahan untuk kita semua,” ujarnya.

“Kita ambil hikmahnya, tapi tentunya kita harus ikhtiar. Ikhtiar kita tetap waspada, selalu mengampaikan mengingatkan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Update 8 Agutus 2020 : Bertambah 35 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 28 Kasus Sembuh

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kaltim masih bertambah hingga hari ini. Laporan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.