Komunitas XSR Botherhood Indonesia (XBI)kota Makassar melakukan Touring ke Enrekang, Sulsel

XSR 155 Makin Enjoy Touring Eksplorasi Tempat Wisata


Inibalikpapan.com – Pengguna XSR 155 di Sulawesi yang tergabung dalam XSR Brotherhood Indonesia (XBI) chapter Makassar melakukan touring dari Makasar menuju Enrekang, Sulawesi Selatan.

Menggunakan XSR 155 menjadikan touring lebih asik dan nyaman. Apalagi dilakukan dengan komunitas yang mempunyai kesamaan hobi biker ke berbagai tempat destinasi wisata guna refreshing atau mendapatkan pengalaman mengeksplorasi lokasi yang tengah viral.

Bagi XSR Brotherhood Indonesia kota Makasar, bukan hanya touring biasa tapi menantang alam demi mencapai titik tujuan yang dijalani dengan menikmati perjalanan jauh bersama XSR 155.

Salah satu pengguna XSR Hasril Hamun dari Makassar gemar melakoni touring yang memiliki rintangan sulit namun dapat diatasi dengan berkendara motor sport heritage Yamaha itu. Meskipun masih terbatas karena masa pandemi, namun Hasril bersama teman-teman biker XSR 155 lainnya berupaya memenuhi kebutuhan menelusuri keindahan alam di seputar Sulawesi Selatan.

”Perjalanan terjauh dan paling menantang yang pernah saya lakukan dengan XSR 155 adalah dalam rangka ulang tahun pertama komunitas XBI (XSR Brotherhood Indonesia) Makassar di bulan April 2021 bersama 6 orang member lainnya. Kami melakukan touring ke beberapa tempat wisata start dari Makassar sampai Enrekang,” katanya.

Lanjut Hasril karena perjalanan ini berjarak jauh, tentunya membutuhkan fisik yang kuat serta kondisi motor yang bagus. Untuk itu diperlukan persiapan menjaga badan sehat dan bugar juga pengecekan motor demi kelancaran touring.

Hasril Hamun, Ketua XSR Brotherhood Indonesia (XBI) chapter Makassar yang memilih XSR 155 warna hitam sebagai partner berkendaranya. Perjalanan yang ditempuh Hasril bersama rekan-rekannya diwarnai hujan dari Makassar. Setelah itu mereka melewati beberapa titik jalur beragam seperti jalan rusak, tanjakan, lalu berbelok-belok dengan pinggiran jurang terjal yang dilalui saat cuaca berkabut.
”Menghadapi kontur trek yang tidak mulus seperti itu cukup menantang, namun kami tidak khawatir karena terbiasa touring dan juga pakai XSR 155 yang teruji mampu melibas trek bervariasi untuk adventure. Performa motor XSR 155 terbukti unggul dengan mesin berkapasitas 155cc dan VVA (Variable Valve Actuation) yang memaksimalkan tenaga mesin sehingga merata di setiap putaran mesin. Karakter motor ini cocok untuk segala medan sehingga asyik dibawa buat touring,” tambah Hasril Hamun.

Pria berusia 31 tahun itu memaparkan, sejak memiliki XSR 155 di akhir tahun 2020 lalu, sangat bersemangat berkendara dengan motor itu menyambangi tempat-tempat wisata yang ada di Sulawesi Selatan. Hal itu karena dia merasakan manfaat fitur dan teknologi pada XSR 155.

Buat penghobi touring dapat memilih XSR 155 sebagai partner berkendara dan untuk mendukung hobi tersebut berikut cara enjoy berkendara dengan motor tersebut dari Yamaha Riding Academy (YRA) :

1.Persiapan Touring
-Lakukan pengecekan komponen motor terkait ban, oli, lampu, kelistrikan dan lainnya. Juga disarankan service motor terlebih dahulu di bengkel resmi sehingga motor dalam kondisi bagus untuk perjalanan touring.
-Jaga fisik agar tetap prima, jangan begadang sebelum touring. Lakukan olahraga ringan dan pemanasan sebelum touring supaya membantu pelemasan otot-otot tubuh dan membuat tubuh tetap bugar.
-Siapkan safety riding yang lengkap seperti helm, sarung tangan, jaket, sepatu dan lainnya untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara.
-Tentukan titik kumpul, kenali rute perjalanan yang aman dan biasa dilewati oleh pengendara lainnya, ketahui informasi mengenai kondisi terakhir jalan.
-Membawa surat-surat kelengkapan berkendara, uang dan alat komunikasi.

Baca juga ini :  Biaya Ibadah Haji Kemungkinan Naik, Ini Penyebabnya

2.Saat di perjalanan
Jaga jarak aman, jangan saling mendahului dengan teman yang bersama dalam perjalanan touring, hindari melakukan tindakan yang mendadak seperti mengerem, berbelok, berhenti agar tidak tertabrak oleh pengendara di belakang atau pengendara lainnya. Selain itu lakukan akselerasi atau pengereman secara halus, jaga konsentrasi dan kontrol emosi. Upayakan istirahat jika sudah berkendara 2 sampai 3 jam.

3.Mendapatkan performa motor maksimal
Dengan menggunakan XSR 155, pengendara akan mendapatkan performa motor yang maksimal karena motor ini memiliki mesin berkapasitas 155cc dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) sehingga tenaga merata di setiap putaran mesin. Biker pun akan merasakan sensasi berkendara yang nikmat ketika melakukan perjalanan jarak jauh yang membutuhkan motor bertenaga optimal.

4.Kenyamanan dengan suspensi USD dan Assist & Slipper Clutch
Jauhnya jarak perjalanan yang ditempuh membuat pengendara mudah lelah sehingga dibutuhkan motor yang dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara. Namun berkendara dengan XSR 155 dapat memberikan kenyamanan karena ditunjang fitur-fitur modern yang disematkan pada motor ini. Diantaranya telah dilengkapi suspensi USD (Up Side Down) yang meningkatkkan handling saat berkendara. Lalu manfaatkan keberadaan fitur Assist & Slipper clutch yang fungsinya mendukung dalam berkendara termasuk touring. Contohnya saja tangan tidak mudah pegal karena pengoperasian kopling yang ringan didukung keberadaan Assist clutch. Lalu dengan Slipper clutch mengurangi resiko engine brake ketika menurunkan gigi dengan cepat, sehingga pengendara XSR 155 dapat makin menikmati perjalanan touring.

5.Mulus melewati jalan tidak rata dengan ban dual purpose
Keunggulan lainnya dari XSR 155 adalah memiliki ban dual purpose yang sangat membantu saat melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang yang banyak ditemui ketika dalam perjalanan touring. Namun bagi pengguna XSR 155 tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan ban dual purpose mendukung untuk melewati kondisi jalan yang tidak bagus sehingga melancarkan perjalanan.

6.Desain berkelas untuk dokumentasi foto dan video
Model berkelas XSR 155 membuat pengguna motor ini makin percaya diri saat berkendara dan juga untuk dokumentasi foto dan video di tempat wisata lebih menarik. Dengan background spot menarik di lokasi, akan menambah nilai artistik foto maupun video yang didokumentasikan. Adapun tampilan klasik modern pada XSR 155 diwujudkan melalui beberapa sentuhan di berbagai sektor. Mulai dari model tangki Drip-Shaped, penggunaan jok single seat dengan desain klasik yang stylish, lalu desain lampu depan dan belakang yang berbentuk bulat dengan teknologi LED modern, hingga keberadaan Full LCD Digital Speedometer bergaya retro yang telah dilengkapi dengan Multi Information Display (MID).

Baca juga ini :  Taufiq Jamal Noor Siap Maju Jadi Ketua KNPI Balikpapan

Nyaman Mudik Pakai All New NMAX 155 Connected ABS, Pelanggan Puas Layanan Bengkel Jaga
JAKARTA, Inibalikpapan.com –All New NMAX 155 Connected ABS sudah dikenal penggunanya sebagai salah satu motor yang nyaman dikendarai untuk perjalanan jarak jauh.
All New NMAX 15 Connected ABS memiliki banyak keunggulan, baik itu dari segi desain yang menyajikan posisi berkendara super nyaman, beragam fitur pendukung berkendara yang lengkap. Termasuk utamanya performa mesin motor berteknologi Blue Core 155cc dengan teknologi VVA yang menawarkan performa tinggi dan andal untuk menghadapi berbagai kondisi jalan.
Tak heran All New NMAX pada momen libur kemarin, banyak dari pengguna skutik premium ini yang memilih melakukan perjalanan jarak jauh ke kampung halamannya. Ditambah lagi dengan kehadiran program Yamaha Bengkel Jaga yang terbukti memberikan rasa nyaman dan memperlancar perjalanan luar kota para konsumen jika sewaktu-waktu sepeda motor mengalami kendala.

Ragil Sudarno (30), seorang pengguna All New NMAX 155 Connected ABS asal Jakarta mengakui kenyaman motor skutik premium ini yang pulang kampong 28 April 2022 lalu , melakukan perjalanan menuju Salatiga, Jawa Tengah.
Darno sapaan akrabnya, mengaku sangat terbantu dengan adanya program Yamaha Bengkel Jaga tersebut. Dia bahkan sempat mengunjungi salah satu Bengkel Jaga yang ada di wilayah Pekalongan, yaitu Dealer Yamaha SIP untuk melakukan pengecekan dan perawatan motor.

“Ada beberapa alasan kenapa saya lebih memilih libur ke kampung halaman dengan menggunakan sepeda motor All New NMAX 155 Connected ABS. Selain nyaman dan andal untuk dikenadarai jarak jauh dengan beragam keunggulan yang dimiliki, sepanjang perjalanan saya juga tidak khawatir karena Yamaha menggelar program Bengkel Jaga,” katanya.
“Saya sendiri sempat mampir ke salah satu titik Bengkel Jaga yang ada di wilayah Pekalongan untuk melakukan pengecekan angin dan mengganti oli mesin. Menariknya, tidak hanya beroprasi dengan jam normal, banyak juga promo diskon pembelian yang sangat menguntungkan konsumen,” terang Darno.
Sementara itu terkait dengan fitur pendukung berkendara All New NMAX 155 Connected ABS, Darno setidaknya membeberkan ada lima keunggulan yang dirasakannya yang sangat membantu perjalanan jarak jauh, Kelima unggulan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Y-Connect
    Fitur terakhir yang cukup superior dan sangat membantu selama diperjalanan menurut Darno adalah Y-Connect. Seperti yang kita ketahui, generasi terbaru NMAX merupakan pionir pertama yang menerapakn fitur konektivitas tersebut. Melalui fitur tersebut, setidaknya pengendara bisa memantau kondisi sepeda motor dalam hal kelayakan kondisi oli dan voltase aki. Lebih dari itu, implementasi penggunaan Y-Connect selama perjalanan juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui jika adanya telfon dan pesan yang masuk melalui indikator pada tampilan layar speedometer.
  2. Electric Power Socket
    Kehadiran fitur Electric Power Socket, ternyata juga sangat membantu untuk keperluan mobilitas jarak jauh. Pasalnya, selama perjalanan luar kota tersebut Darno bisa selalu mengisi daya batrai smartphone yang digunakan untuk melihat aplikasi peta digital (digital maps)*, sehingga dapat memantau kepadatan lalu lintas selama libur lebaran dan mencari jalur alternatif.
  3. Posisi Berkendara Rileks
    Desain frame All New NMAX 155 Connected ABS yang menyajikan dua posisi riding, dimana salah satunya memungkinkan kaki pengendara berselonjoran rileks memberikan rasa kenyamanan maksimal. Selain itu, kombinasi posisi stang yang tidak terlalu tinggi dan sedikit menjorok kedalam serta jok yang lebar sukses menciptakan ergonomi berkendara yang baik. Sehingga meskipun harus riding selama berjam-jam, fisik pengendara tidak mudah terasa lelah dan pegal.
  4. Bagasi Luas dan Tangki Besar
    Tidak dipungkiri perjalanan jarak jauh tentu membuat pengendara harus membawa barang bawaan yang cukup banyak. Dan kapasitas bagasi besar yang dimiliki All New NMAX 155 Connected ABS, setidaknya diakui oleh Darno bisa untuk menampung barang kebutuhan selama perjalanan seperti jas hujan dan juga travel bag yang berisikan pakaian ganti. Tidak hanya itu, kapasitas tangki bensin sebesar 7.1 liter yang mengakomodir jarak tempuh jauh juga membuat dirinya tidak perlu sering mampir ke stasiun pengisian bahan bakar. Hal ini tentunya membuat waktu tempuh menjadi lebih efisien.
  5. Traction Control System (TCS) & Dual Channel ABS
    Perjalanan libur lebaran yang melintasi berbagai kota tentunya membuat pengendara harus menghadapi berbagai medan dan kondisi jalan. Adanya fitur-fitur keselamatan yang terbenam pada varian tertinggi All New NMAX 155 ini, dinilai para penggunanya semakin meningkatkan kepercayaan diri ketika berkendara. Terlebih, ketika berkendara didaerah pedesaan yang menyajikan jalanan rusak berbatu dan berpasir, dengan TCS, resiko ban selip dapat diminamlisir sehingga traksi selalu terjaga.
Baca juga ini :  Update 5 Februari 2021 : Bertambah 150 Kasus Positif Baru Covid-19 di Balikpapan, 11 Kasus Kematian

Begitu pula ketika dihadapi dengan kepadatan lalu lintas khas libur lebaran yang terkadang membuat pengendara melakukan pengereman mendadak, tidak perlu takut kedua roda ban terkunci berkat fitur ABS dua arah sehingga momentum untuk menghindari objek yang menghalangi di depan motor bisa dilakukan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.