Yamaha Indonesia Perkenalkan SKY, Layanan Service Berkala di Tempat Tinggal dengan Bantuan Teknisi Yamaha

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com– Yamaha Indonesia terus berinovasi dalam memberi kenyamanan kepada konsumen setia motor Yamaha, khususnya dalam hal perawatan motor. Saat ini Yamaha memiliki aplikasi My Yamaha Motor yang memberi petunjuk mengenai cara per komponen motor termasuk riwayat perawatan motor konsumen, produk, event dan promo menarik dari Yamaha. My Yamaha juga memberikan informasi mengenai Service Kunjung Yamaha (SKY) dan lokasi jaringan resmi Yamaha terdekat.

Konsumen juga dapat mengakses informasi mengenai layanan service apa yang harus dikerjakan di bengkel resmi Yamaha. “Konsumen pun dapat memanfaatkan SKY yang dapat dilakukan di tempat tinggal konsumen dengan bantuan teknisi Yamaha untuk perawatan berkala,” kata Riyadi Prihantono, Manager Service CS Divison PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Riyadi mengatakan perawatan motor sangat penting dilakukan, termasuk kategori motor sportsport agar mendukung performanya tetap baik. Konsumen wajib mengetahui berbagai komponen yang perlu diperhatikan dan memahami cara pengecekannya. Seperti rutin periksa ketinggian oli dan biasakan mengganti oli secara rutin setiap 3,000 km di bengkel resmi Yamaha terdekat. Saluran bahan bakar yang perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan adalah kebocoran pada tangki dan penyumbatan pada selang.

“Untuk memastikan jika ada kebocoran bahan bakar juga bisa dicek dengan penciuman, apakah ada bau bensin. Jika ada kebocoran, cek posisinya dan hindari dari percikan api,” kata Riyadi.

Adapun cairan pendingin (air radiator) di dalam reservoir harus dipastikan ketinggiannya dan dipastikan tidak ada kebocoran dalam sistem.

Riyadi berujar untuk mengetahui ketebalan kampas rem depan dan belakang bisa melalui indikator keausan kampas rem. “Bersihkan kampas rem dari oli, pelumas, serbuk kampas rem pada permukaan rem dan komponen sekitarnya. Periksa juga ketinggian level minyak rem melalui indikator pada master rem,” kata Riyadi.

Baca juga ini :  DKK Gelar Survey Kesehatan Keluarga Balikpapan

Komponen lain yang harus di cek secara berkala, kata Riyadi, berupa kopling dan pemindah gigi untuk memastikan bergerak dengan normal, termasuk periksa gerak bebas tuas kopling dan setel jika diperlukan.

Untuk motor sport pastikan tekanan ban normal ban depan 200 kPa/ 29 psi dan ban belakang 225 kPa/33 psi. Adapun battery/ accu, jika motornya memiliki multitester, maka battery / accu kondisi yang OK memiliki tegangan >12.4 volt. Jika hasil ukur di bawah angka tersebut, lakukan pengisian ulang di bengkel resmi Yamaha. Bersihkan dan lumasi rantai penggerak serta periksa kekencangan rantai jika perlu setel di bengkel resmi Yamaha terdekat. Gunakan produk pelumas rantai yang disarankan,” ujarnya.

Riyadi mengatakan rangkaian pengecekan tersebut turut membantu jika ditemukan ada kendala yang harus diantisipasi. “Terakhir bersihkan motor dari debu dan kotoran secara rutin serta segera cuci motor ketika terkena hujan untuk menghindari karat. Setelah itu lumasi lubang kunci, tutup tangki, handle grip kiri kanan dan bagian lainnya,” Kata Riyadi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.