250 Anak Di PPU Ikuti Gelaran Kilang Pertamina Unit Balikpapan

PENAJAM,Inibalikpapan.com – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan bersama Baituzzakah Pertamina (Bazma) kembali menggelar Khitanan Massal. 

Sebanyak 250 anak ikut serta dalam Khitanan Massal yang diselenggarakan di Islamic Center Masjid Agung Al Ikhlas Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Sabtu (30/12/2023).

Khitanan Massal dibuka oleh Koordinator Santunan Sosial HUT Pertamina Ke-66 dan HUT PT KPI Ke-6 M. Alaiddin. “Alhamdulillah Khitanan Massal di PPU tahun ini diikuti oleh 250 anak. Kilang Pertamina sedang berbenah, sedang banyak proyeknya. Sehingga kami dalam rangka HUT ini memohon doa dari Ibu-Bapak dan Adik-adik yang hadir pada hari ini. Semoga proyek kilang dapat berjalan dengan lancar, karyawannya semua sehat dan dapat terlaksana sesuai dengan target waktu,” kata Alaiddin.

Kegiatan ini dalam penyelenggaraannya merupakan kolaborasi Pertamina yang melibatkan PT KPI Unit Balikpapan, PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB), Bazma, Baznas, Persatuan Wanita Patra (PWP) Tingkat Wilayah Balikpapan, Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina serta Serikat Pekerja Mathilda.

Pada sesi kedua, Senior Manager Operation & Manufacturing PT KPI Unit Balikpapan, Novie Handoyo Anto menyampaikan sambutannya. 

“Pada hari ini, anak-anak kita akan melaksanakan Khitanan Massal yang Alhamdulillah bisa diselenggarakan oleh PT KPI Unit Balikpapan dalam rangka memperingati HUT PT Pertamina (Persero) Ke-66 dan HUT PT KPI Ke-6,” kata Anto.

PT KPI Unit Balikpapan telah melaksanakan banyak kegiatan sosial dalam peringatan HUT PT Pertamina (Persero) Ke-66 dan HUT PT KPI Ke-6 ini. 

Khitanan Massal merupakan salah satu dari kegiatan sosial tersebut yang rutin dilaksanakan PT KPI Unit Balikpapan setiap tahunnya.

Dalam sambutannya, Anto juga menyampaikan pentingnya khitan bagi anak laki-laki. “Supaya Anak-anak kita bisa menjalankan ibadah dengan baik, melaksanakan kewajibannya untuk dikhitan. Khitanan ini sebagaimana kita ketahui bersama merupakan tuntunan dari Allah S.W.T. salah satunya adalah untuk menghindari penyakit,” jelas Anto.

Baca juga ini :  Tawarkan Kerjasama, JITA Siap Fasilitasi Tekhologi Pertanian di PPU

Kegiatan Khitanan Massal disambut baik oleh Pemerintah setempat. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Staf Ahli PJ Bupati PPU, Pasipers Kodim0913/PPU, Kabag SDM Polres PPU, Kepala MUI Kabupaten PPU serta Ketua Baznaz PPU.

Sambutan dari PJ Bupati PPU Makmur Marbun dibacakan oleh Ketua Baznaz PPU Tahmid. “Saya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, yaitu khitanan massal sebagai wujud implementasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial atau rasa solidaritas terhadap sesama yang harus terus ditumbuhkembangkan dan diperkokoh melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat,” kata Tahmid saat membacakan sambutan PJ Bupati PPU.

Menurut Marbun, para ahli kedokteran mengungkapkan bahwa khitan mempunyai manfaat bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat tersangkutnya kotoran, virus atau bakteri.

Marbun, juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Pertamina. “Perlu diketahui kepedulian Pertamina dalam bentuk Khitanan Massal ini, merupakan satu wujud kepedulian dan tanggungjawab Pertamina untuk turut serta membantu tugas Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dalam suksesnya program pembangunan. Terutama pada peningkatan pelayanan dasar untuk masyarakat dibidang kesehatan,” pungkasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.