Pelaku UMKM/ilustrasi (akurat.co)

309 Ribu UMKM di Kaltim Serap 1,5 Juta Tenaga Kerja

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Jumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kaltim cukup banyak. Bahkan mampu menyerap hingga jutaan tenaga kerja.

Data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kaltim menyebutkan ada 309.003 UMKM dengan tenaga kerja terserap mencapai 1,5 juta orang.

“Kami juga memastikan bahwa pembangunan UMKM ini merata ke sepuluh kabupaten dan kota. Selamat berjuang di masa pandemik,” ujar Kepala Disperindagkopdan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor dilansir dari akun Instagram Pemerintah Provinsi Kaltim.

Menurutnya, pengembangan UMKM terus dilakukan. Karena basis ekonomi kerakyatan adalam UMKM. Motivasi terus diberikan bagi pelaku UMKM ditengah pandemic covid-19.

“UMKM harus bisa naik kelas, kita dampingi. Kita siapkan pasarnya. Yang nasional kita carikan teman sebagai mitra. Dan fakta, bukan retorika, meski pandemi Covid-19,” ujarnya

Dia mengungkapkan, sejauh UMKM di Kaltim bahkan sukses melakukan ekspor mencapai ratusan milir. “UKM kita sukses ekspor Rp428,2 miliar tahun lalu,” Ujarnya lagi

Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi Kaltim Kaltim memberikan perhatian sangat serius terhadap UMKM. Setidaknya 400 pelatihan diberikan setiap tahun.

Pelatihan tersebut terkait capacity building (peningkatan sumber daya), produksi, pembiayaan dan pemasaran.”Jadi tidak perlu diragukan lagi, kami sudah dan akan terus melakukannya dengan kabupaten dan kota, bahkan didukung perbankan dan lainnya,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  Waspada Libur Natal dan Tahun Baru Terjadi Lonjakkan Kasus Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.