Gubernur Kaltim Isran Noor

38 Desa di Kaltim Terima Bantuan  Internet

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Bertepatan dengan HUT ke-63 Provinsi Kaltim, Sebanyak 38 desa, 11 diantaranya di Kabupaten Paser menerima bantuan program internet desa.

Program internet desa tersebut diresmikan langsung Gubernur Kaltim Isran Noor. Peresmian dilakukan di Kantor Desa Rantau Panjang Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser.

“Selamat kepada desa-desa yang sudah menerima bantuan akses internet. Tentu ini berguna dan sangat bermanfaat, insyaallah pasti bermanfaat,” kata Gubernur Isran Noor.

Dia mengakui, belum semua desa di Kaltim yang terkoneksi dengan internet. Dimana dari 10 kota dan kabupaten, terdiri dari 841 desa, 197 kelurahan dan 103 kecamatan.

“Dari seluruh desa yang kita miliki, tentu tidak semua bisa diakses internet. Artinya, ada saja dan mungkin masih banyak desa yang belum masuk internet,” katanya.

Meski begitu, dia bertekad agar seluruh wilayah di Kaltim bisa terkoneksi dengan internet. Apalagi Kaltim telah ditetapkan menjadi bagian dari Ibu Kota Negara (IKN).

“Jadi kalau kita membangun infrastruktur, seperti jalan, jembatan, pelabuhan. Maka, diperlukan dukungan komunikasi dan ini yang terus kita lakukan. Bertahap, perlahan tapi pasti,” ujarnya.

Dia berharap, dengan infrastruktur yang terbangun, akan diikuti dengan koneksi internet. Karena keberadaan internet akan sangat membantu masyarakat di desa.

“Ni pesanku aja pang, kalo bisa dimanfaatkan jaringan internet untuk menjual produk-produk desa, akhirnya warga desa disini bisa mandiri, tidak perlu repot menjual produk yang dihasilkan,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim Muhammad Faisal mengemukakan bantuan internet Desa di merupakan program Gubernur Kaltim untuk membuka akses komunikasi.

Di Kaltim, khusus Kabupaten Paser oleh Pemerintah Pusat telah mengalokasikan membangun 44 tower telekomunikasi. Sedangkan yang dibangun Pemerintah Kabupaten 5 tower.

Baca juga ini :  Cegah Ikan Layang Penyumbang Inflasi, Nelayan Butuh Tambahan Kuota Solar

“Sehingga totalnya untuk Paser ini terdapat sekitar 50 tower,” sebut Faisal.

Bantuan internet desa ini diberikan kepada desa dari beberapa kecamatan seperti Kecamatan Tanah Grogot, Batu Sopang, Long Kali, Batu Engau, Paser Belengkong, Kuaro dan Long Kali. (adpimprovkaltim)

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.