Antisipasi Kemacetan, DPU Bangun Ruas Jalan Baru Menghubungkan Gunung Binjai dan Km 23 

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Kota Balikpapan diperkirakan dalam beberapa tahun kedepan akan mengalami peningkatan jumlah penduduk yang akan berdampak pada kenaikkan volume kendaraan.

Meningkatnya volume kendaraan akan mengakibatkan kemacetan di sejumlah ruas jalan yang ada di kota Balikpapan. Sehingga Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan membuat ruas jalan baru yang menghubungkan Balikpapan Utara dan Timur.

“Kami berencana akan membuat jalan baru atau jalan alternatif untuk menghubungkan dua Kecamatan. Yakni Balikpapan Utara dan Timur,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan Rita ketika diwawancarai wartawan di Balai Kota, Selasa (6/2/2024).

Rita menambahkan, jalan baru ini berada di daerah gunung Binjai kelurahan Teritib Balikpapan Timur dan tembus ke daerah kilometer 23 karang Joang Balikpapan Utara.

“Untuk tahapannya masih dalam kajian yang tengah dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Kota Balikpapan,” terang Rita.

Dia berharap, dengan adanya jalan baru ini nantinya dapat mempermudah akses masyarakat Balikpapan Timur yang ingin ke Balikpapan Utara, atau sebaliknya. Dan juga dapat mengatasi kemacetan di wilayah Balikpapan Timur.

“Untuk anggaranya nantinya akan menggunakan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Kaltim dan APBD Kota Balikpapan,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, bahwa pihaknya juga sudah membuat jalan baru atau alternatif yang menghubungkan daerah kilometer 8 Balikpapan Utara dan jalan Proklamasi Balikpapan Timur serta jalan Mukmin Faisal Balikpapan Selatan.

Sebelumnya, DPRD Balikpapan memastikan perbaikan jalan tembus Transad di Kilometer 8 Kecamatan Balikpapan Utara ke Jalan Proklamasi Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur telah rampung dikerjakan.

Anggota Komisi III DPRD Balikpapan, Nurhadi Saputra mengatakan, meski melalui proses dan waktu yang cukup lama, perbaikan jalan tersebut saat ini dipastikan telah selesai

Baca juga ini :  Keluhkan Jalan AW Syahrani Rusak, DPU Upayakan Perbaikan

Sehingga ini menjadi kabar baik, meskipun jujur warga Balikpapan Timur dan Balikpapaan Utara sendiri masih banyak yang belum tahu.

“Nah jadi gak ada salahnya dari pihak kecamatan, kelurahan, Diskominfo serta pihak pihak terkait menyampaikan kepada warga, bahwa jalan Proklamasi sudah bisa menjadi alternatif yang sangat membuat jarak antara Balikpapan Timur dan Utara terasa dekat,” ujarnya belum lama ini kepada awak media

menerangkan, meski saat ini jarak yang membuat dekat antara Balikpapan Utara dan Timur itu hanya untuk roda empat karena dapat memanfaatkan jalan tol, akan tetapi jalan Transad Km 8 ke arah jalan Proklamasi Manggar ini roda dua juga sudah bisa melewati.

Kemudian sambung Nurhadi, sama halnya dengan para pekerja yang dulu bekantor di Balikpapan Timur kemudian berpindah di Kariangau, sekarang pun sudah bisa melewati jalan tersebut.

Dan tak kalah penting jelasnya, di kawasan jalan Proklamasi juga terdapat wisata pemancingan dan Bukit Kebo yang bisa menjadi kabar baik bagi penggiat wisata untuk menjual wisata Balikpapaan Timur tersebut, sehingga tidak hanya berkutat pada wisata pantai saja.

“Mungkin sebelum ke pantai mereka bisa foto -foto di wisata Bukit Kebo. Karena jalannya juga sudah bagus meski bantuan dari pemerintah pusat. Ini membuktikan pembangunan semakin digalakkan di Balikpapan Timur dan Utara,” pungkasnya

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.