Home / iniFLASH / Balikpapan Mendapat Tambahan 32 Kuota Haji
Para calon haji kloter pertama antri naik ke atas pesawat yang akan membawanya ke Tanah Suci di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (23/10). Kelompok terbang pertama asal Kota Makassar sebanyak 335 CJH memulai pemberangkatan haji embarkasi Hasanuddin yang tahun ini sebanyak13.792 CJH dari delapan provinsi dengan 39 kelompok terbang. FOTO ANTARA/Adnan

Balikpapan Mendapat Tambahan 32 Kuota Haji

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kota Balikpapan dipastikan akan mendapatkan tambahan kuota haji. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan Hakimin.

Dia mengatakan, tambahan kuota haji untuk Kota Balikpapan sebanyak 32. Sebelumnya kuota haji 530. Sehingga dengan adanya penambahanitu  kuota haji untuk Kota Balikpapan sebanyak 562.

“Kuota haji Balikpapan 530. Kalau nanti nambah 32 berarti nanti 365 kuota haji, ujar Hakimin.

Sementara untuk daftar tunggu haji untuk Kota Balikpapan kata dia, saat ini telah mencapai 32 ribu atau diperkirakan sekitar 23 tahun jika mendaftar sekarang. Hanya saja, kemungkinan bisa berkurang

“Jadi kalau daftarnya sekarang, ya diperkirakan 23 tahun baru bisa diberangkatkan ke tanah suci. Tapi alhamdulilah di dalam setiap tahun itu naik terus (mengalami pengurangan anteran).

“Karena kenapa? Ada yang mengundurkan diri, ada yang ingin berangkat dengan keluarga, ada yang meninggal, itu semua faktor penyebab urutan nomor antrean jadi naik, jadi bisa saja tidak sampai 23 tahun sudah berangkat,”

Sedangkan untuk pelunasan biaya haji yang nilainya mencapai Rp 38 juta, saat ini memasuki tahap kedua. Untuk program manasik haji akan dilakukan setelah Ramadan karena menunggu anggaran turun .

“Kalau pelunasan biaya haji pada tahap pertama sudah selesai dan saat ini sedang berjalan untuk tahap kedua. Kami sedang menunggu untuk 8 kali manasik haji di kecamatan dan dua kali manasik tingkat kota, kita juga menunggu anggaran dari provinsi,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk petugas haji yang disiapkan diantaranya Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Comments

comments

About glen

Check Also

MCAS dan Telkomsel Perkenalkan DigiSaham, Platform Informasi Saham, Cukup Dipantau di WA

JAKARTA, Inibalikpapan.com -­­–  PT M Cash Integrasi Tbk (IDX: MCAS) bersama Telkomsel meluncurkan DigiSaham, platform informasi saham real-time berbasis WhatsApp pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.