Home / iniFLASH / Balikpapan Miliki Potensi Tsunami Akibat Longsoran Bawah Laut, Ini Penyebabnya
Kota Balikpapan

Balikpapan Miliki Potensi Tsunami Akibat Longsoran Bawah Laut, Ini Penyebabnya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebut, Kota Balikpapan memiliki potensi terjadi tsunami akibat longsoran bawah laut. Hal itu bahkan tel;ah disampaikan ke Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Kamis (30/07).

Dikutip dari ilmugeografi.com longsor bawah laut ini dapat terjadi di relief yang sifatnya bergunung- gunung di bawah laut, seperti gunung laut atau landas benua. Longsor bawah laut adalah tanah longsor di laut yang mengangkut sedimen dari landas benua dan ke laut dalam.

Longsor bawah laut merupakan peristiwa alam yang disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab longsoran di bawah laut ini berhubungan dengan atribut geologi dan material tanah longsor serta faktor lingkungan bawah laut.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab longsor bawah laut antara lain, adanya lapisan geologis yang lemah. Hal ini tentu saja karena lapisan geologi yang kuat tidak akan mudah mengalami longsor.

Lalu tekanan yang berlebihan akibat akumulasi berlebih dari deposisi sedimen juga bisa menyebabkan longsor bawah laut. Karena hal ini akan menekan bidang geologi di bawha laut.

Gempa bumi terlebih yang berpusat di bawah laut akan dapat menjadi penyebab terjadinya longsor di bawah laut. Terlebih lagi apabila gempa bumi yang terjadi memiliki skala yang besar, hal ini tentu akan lebih mudah menjadi penyebab longsor bawah laut.

Gelombang laut ternyata juga dapat menyebabkan terjadinya longsor bawah laut, terutama apabila gelombang yang terbentuk memiliki kekuatan yang besar, maka kekuatannya tersebut bisa menyebabkan longsoran bawah laut.

Badai yang terjadi khususnya di wilayah laut juga bisa menyebabkan terjadinyaa longsoran bawah laut.

Proses disosiasi gas hidrat juga bisa menjadi penyebab terjadinya longsoran bawah laut. Disosiasi sendiri dalam proses kimia dan biokimia merupakan sebuah proses ketika senyawa ionik (komplek atau garam) terpisah- pisah menjadi partikel, ion atau radikal yang lebih kecil namun bisa dikembalikan seperti pada awalnya.

Rembesan air tanah dan juga tekanan air pori yang tinggi yang terjadi di bagian permukaan relief bawah laut dapat menyebabkan terjadinya longsoran bawah laut baik longsoran besar maupun kecil.

Pecahan gletser atau es dapat menyebabkan terjadinya longsoran bawah laut. Terlebih lagi apabila gletser tersebut berukuran besar dan memiliki bagian bawah laut yang besar maka akan sangat berpotensi menyebabkan longsor bawah laut.

Tidak dipungkiri bahwa di bawah laut juga bisa menjadi tempat tumbuhnya gunung api. Kemunculan gunung ini diawali dari bawah laut sebagai sebuah pulau yang mengerucut yang kemudian semakin hari semakin tumbuh sehingga muncul ke permukaan laut. Ini merupakan salah satu hal yang menyebabkan terjadinya longsor bawah laut.

Persimpangan antar lereng di gunung laut misalnya, juga menjadi penyebab terjadinya longsoran bawah laut.

Comments

comments

About glen

Check Also

Pasar Baru Ditinggal Pedagang Mudik, Mall Baru Buka Oktober

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dalam beberapa bulan terakhir Pasar Baru rupanya banyak ditinggal pedagang. Karena kini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.