Home / iniFLASH / Balikpapan Terbaik Dalam Penerapan K3

Balikpapan Terbaik Dalam Penerapan K3

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Dewan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Kota Balikpapan menyatakan, Kota Balikpapan terbaik dalam penerapan K3. Hal itu karena Kota Balikpapan menjadi satu-satunya daerah yang peduli dalam penerapan K3.

“Ini sekadar informasi, untuk di Indonesia, Balikpapan adalah yang terkemuka dibidang K3. Kemarin saya juga melaporkan kepada ibu Menteri bahwa Balikpapan itu adalah satu-satunya kota care terhadap K3,” ujar Dewan K3 Nasional Dr Isradi Zaenal saat peringatan Hari K3 di halaman kantor Pemkot Balikpapan, Senin pagi (13/1/2020).

Karenanya kata dia, Kota Balikpapan yang kini menjadi bagian dari Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, karena sebagai daerah penyangga maupun pintu gerbang Kaltim, Kota Balikpapan akan menjadi contoh bagi daerah lain dalam penerapan K3.

“Makanya sebagai yang terkemuda dibidang K3, Balikpapan akan memberi contoh kepada negeri lain (daerah), apalagi kita ini penyanggah ibu kota negara (IKN) dan Insya Allah kedepan menjadi bagian dari Ibu Kota,” ujar Zaenal yang juga Dekan FTI Uniba yang juga selaku Sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI).

Lalu kaitannya dengan IKN, dia menyebut, karena pada prinsipnya hal utama dalam penerapan K3 adalah selamat, sehat dan sejahtera. Kota Balikpapan pun menjadi inspirasi dalam sistem kesalamatan kesehatan kota yang berkelanjutan.

“Parameter K3 untuk IKN itu? Selamat Sehat Sejahtera . Makanya kita sebenarnya K3 dengan Pemkot Balikpapan untuk meninspirasikan sistem keselamatan kesehatan dan keamanan kota yang berkelanjutan,” ujarnya.

 “Jadi K3 dalam kedarutan untuk IKN, jadi bahwa kemarin kita juga bicara bahwa IKN, kita pilih IKN karena kita ingin kota baru yang aman dan nyaman, selamat, sehat dan sejahtera,”

Jadi pertanyaan tadi bagaimana kedarutan K3 dalam IKN tentu saja bahwa Ibu Kota Negara membutuhkan K3 untuk menjadikan kota itu aman, nyaman dan selamat,”

Dia mengungkapkan, Jakarta tak lagi menjadi IKN karena bukan kota yang nyaman dan aman. Jakarta kini tidak bebas dari banjir, macet dan polusi. “Dan K3 dalam kedaruratan kalau dipersiapkan secara baik Insya Allah IKN akan aman dan nyaman,” ujarnya.

“Kenapa kita tinggalkan Jakarta, kita tinggalkan Jakarta karena Jakarta tidak aman dari banjir, tidak aman dari macet, tidak aman dari lain-lain atau polusi , makanya K3 itu mencegah apa yang namanya banjir, apa yang namanya polusi, apa yang namanya kemacetan dan lain-lain.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Masih Tersisa 20 Persen, Kantor Pos Distribusikan BST Pemkot Mulai Rabu

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Penyaluran bantuan sosial tunai tahap 3 dan 4 dari APBD Kota yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.