Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Balikpapan, Triyuni

Bantuan Seragam Sekolah Disalurkan Akhir September, Batik Angkat Tema Klubut

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan sudah menyiapkan waktu kapan dibagikannya seragam gratis bagi siswa kelas 1 SD sederajat dan siswa kelas 7 SMP sederajat. 

Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Kota Balikpapan, Tri Wahyuni mengatakan, untuk seragam sekolah gratis yang disiapkan untuk kelas 1 SD dan kelas 7 SMP sudah dikerjakan di Sukoharjo Solo, pendistribusinya seragam nasional untuk kainnya sudah diuji laboratorium dari segi kerapatan maupun kehalusan untuk dipakai anak SD dan SMP.

“Seragam putih merah, putih biru dan pramuka didistribuikan di akhir September ini,” ujar Triyuni kepada media, Kamis (22/9/2022).

Triyuni menambahkan, sementara untuk seragam batik sesuai dengan hasil diskusi bahwa batik yang dipakai yakni batik Balikpapan tema klubut untuk SD dan SMP serta pendidikan kesetaraan.

“Hanya pada warnanya saja yang berbeda, tapi motifnya sama,” akunya.

“Pendistribusian untuk batik ini juga akan dilakukan secara bertahap, mengingat proses pencetakannya juga dilaksanakan di solo, mudah-mudahan akhir September ini bisa ikut dibagikan bertahap,” jelasnya.

Sedangkan untuk pemberian subsidi SPP memang diperuntukan hanya untuk sekolah swasta, tetapi ini juga memerlukan mekanisne dari Surat Keputusan Walikota untuk pencairannya dananya.

“Juga tinggal menunggu rekening dari pihak sekolah swastanya masing masing, dan nanti pihak sekolah yang akan membagikan ke masing-masing orangtua siswa sesuai dengan ketentuan, SD senilai Rp 75 ribu dan SMP senilai Rp 110 ribu,” terangnya.

“Paling tidak ini bisa untuk meringankan dari biaya yang dikeluarkan orangtua untuk pembayaran SPP siswa,” jelasnya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Pj Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin mewakili Wali Kota Rahmad Mas’ud meninjau sejumlah sekolah SD dan SMP.

Tinjuan dilaksanakan bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Purnomo dan kabid SD serta SMP, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi.  Kunjungan ini dilakukan untuk menegaskan terkait seragam gratis untuk siswa baru kelas I dan VII.

Baca juga ini :  Baru 293 Daerah di Indonesia dengan Komoditas Pertanian Ekspor

“Sekaligus meluruskan informasi berkaitan dengan janji pemerintah soal seragam gratis bagi siswa baru SMP dan SD. Seragam gratis ini dipastikan bukan hanya janji, tapi segera direalisasikan,” ungkap Muhaimin.

Sesuai janji wali kota, ada tiga jenis seragam yang akan diberikan. Yakni biru-putih atau merah-putih, batik, dan pramuka. Namun tak hanya itu, MTs dan MI juga akan mendapat seragam gratis tersebut.

“Apabila ada pertanyaan, mana kok belum dibagi, padahal sudah masuk sekolah. Ya memang belum, karena kami baru melakukan pengukuran. Saat ini mulai dilakukan pengukuran baju anak-anak kita,” ungkapnya.

Pengukuran baju ini dilakukan bersamaan dengan dimulainya pelaksanaan tender. Setelah diukur akan diberikan ke pemenang tender. Diperkirakan seragam siap pada akhir September nanti. 

Terkait arahan Wali Kota agar MTs dan MI juga dimasukkan, lanjutnya, maka dilakukan revisi anggaran. Karena APBD sudah disahkan, maka harus ada persetujuan provinsi. “Alhamdulillah setelah keluar persetujuan kita lelang,” katanya. 

Selain SD – SMP, MTs – MI, sanggar kegiatan belajar (SKB) pun akan mendapatkan seragam. Sehingga anggaran mencapai Rp23 miliar. Ia menjelaskan, pada awalnya, anggaran yang ada hanya untuk SD dan SMP. Namun akhirnya dirasa masih cukup untuk memenuhi kebutuhan seragam Mts, MI, serta SKB, yakni Paket A, B dan C.

“Kalau SMA kan kewenangannya provinsi . Yang jelas sesuai RPJMD kan sesuai kewenangan Pemerintah Kota Balikpapan,” tuturnya. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.