Memantau Hilal

Besok Kemenag Gelar Sidang Isbat, Pemantauan Hilal di 99 Titik di Seluruh Indonesia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat dalam menentukan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H pada Minggu (01/05/2022).

Rangkaian sidang Isbat Idul Fitri 2022 akan didahului dengan Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Sidang Isbat akan digelar di Auditorium HM Rasjidi .

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menyatakan bahwa pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan sidang Isbat dengan menggunakan dua metode yakni hisab dan rukyat.

 Tim Unifikasi akan memaparkan presentasi posisi hilal bulan Syawal secara hisab dan dilanjutkan dengan laporan rukyat (pengamatan visibilitas hilal) dari titik lokasi pengamatan di seluruh Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, lokasi pemantauan hilal akan tersebar di 34 provinsi dan 99 titik di seluruh Indonesia.

Proses rukyatul hilal akan dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag, Kemenag Kabupaten/ Kota yang bekerja sama dengan Peradilan Agama, Ormas Islam serta instansi terkait lainnya.

Sementara Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022 mendatang. Keputusan tersebut berdasarkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022. 

Suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  PT Transkon Jaya Tbk Cetak Kinerja Positif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.