Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Airmadidi, di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/01/2023). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Cek Harga Sembako di Pasar Airmadidi, Presiden Jokowi Sebut Inflasi di Sulut 4 Persen

MANADO, Inibalikpapan.com – Presiden Joko Widodo menyataka, harga sembako di Sukawesi Utara (Sulut) stabil. Hal itu disampaikannya usai meninjau Pasar Airmadidi, di Minahasa Utara, Sulut.

“Biasa, mengecek harga-harga, utamanya harga sembako, beras, minyak. Saya kira di Sulawesi Utara kondisinya stabil, inflasi juga sangat terjaga di angka 4 persen di Kota Manado dan sekitarnya saya kira sangat baik,” ujar Presiden, Kamis (19/01/2023)

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi sempat membagikan bantuan sosial (bansos) sembako dan bantuan tunai kepada para pedagang. Terlihat antusias masyarakat yang telah menunggunya sejak pagi.

Dalam kunjungannya ke Sulut, Presiden Jokowi juga meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara). Bendungan yang dibangun sejak tahun 2016 ini memiliki kapasitas 26 juta meter kubik.

“Bendungan Kuwil Kawangkoan ini dibangun sejak 2016, artinya sudah lima setengah tahun, dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun. Ini akan memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik, dengan luas genangan 157 hektare,” ujar Presiden.

Kepala Negara menyampaikan, tak hanya untuk keperluan irigasi lahan pertanian, Bendungan Kuwil juga bermanfaat untuk mereduksi banjir di wilayah Sulawesi Utara.

“Kalau enggak dihentikan di sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir, seperti kita ingat pernah 2014 di Manado pernah banjir bandang,” ujarnya.

Selain itu, bendungan ini juga dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Jadi Bendungan Kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro, yang menghasilkan tenaga listrik 2 kali 0,70 megawatt. Meskipun kecil, tetapi bisa menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Wali Kota Balikpapan Raih Penghargaan Pelopor Pembangunan Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.