Sekolah unggulan di Balikpapan

Daya Tampung Sekolah Negeri Balikpapan Hanya 62 Persen

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan siap menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun ajaran 2020/2021 yang akan dimulai pada 22-29 Juni 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikkan dan Kebudayaan Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, ada empat jalur PPDB tahun ajaran ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019.

Empar jalur pendaftaran tersebut, yakni jalur zonasi yang menerima sebanyak 60 persen, jalur afirmasi sebanyak 15 persen, jalur prestasi 15 persen dan ada jalur perpindahan atau mutasi sebanyak 5 persen.

Namun yang menjadi persoalan kapasitas daya tampung sekolah negeri khususnya tingkat SD dan SMP yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Balikpapan, karena hanya bisa menampung sekitar 62 persen.

“Memang hanya bisa menampung sekitar 62 persen untuk sekolah negeri kalau dari kebutuhan masyarakat,” ujarnya

Namun kata dia, jika ditambah dengan sekolah swasta, termasuk madrasah maupun pesantren maka akan mencukupi. “Tapi kalau ditambah sekolah swasta mencukupi, jadi tidak perlu khawatir,” ujarnya.

Untuk tahun ini  jumlah lulusan SD sebanyak 12.014 siswa. Jumlah tersebut naik dibandingkan tahun 2019 lalu, dimana yang akan melanjutkan ke sekolah menengah pertama yang mencapai 11.876 siswa.

Sedangkan untuk jumlah lulusan SMP sebanyak 10.288 siswa. Namun jumlah itu justru turun dibanding tahun sebelumnya jumlah lulusan sebanyak 10.330 siswa yang akan melanjutkan ke setingkat SMA.

“Tentu semua ingin masuk sekolah negeri kalau kondisi ekonomi seperti sekarang, tapi itu sudah kita diskusikan dengan DPRD,” ujarnya.

Ini pencarian Populer:total siswa sd yang lulus tahun 2021 kota balikpapan

Comments

comments

Baca juga ini :  Fokus Tangani Covid-19, Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Kalimantan Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.