launching e-Parking atau BPN Smart yakni Bayar Parkir Online – Smart

Dishub Balikpapan Launching BPN Smart, Bayar Parkir Online

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan menggelar launching e-Parking atau BPN Smart yakni Bayar Parkir Online – Smart.

Launching digelar di Gedung Parkir Klandasan, dihadiri Wali Kota Rahmad Mas’ud, termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) pada Kamis (28/04/2022).

“Launching BPN Smarat aitu bayar pakir online secara smart yang akan dilakukan Dinas Perhubungan mulai hari ini dibeberapa tempat,” ujar Kepala Dishub Kota Balikpapan Elvin Junaidi.

Dia mengatakan, selama ini pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir masih jauh dari harapan. Bahkan dari target Rp 4 miliar dalam dua tahun terakhir tak capai target.

“Kondisis perparkiran di Balikpapan, kita mendapatkan target retribusi Rp 4 miliar tapi kita hanya mendapatkan Rp 1,7 miliar atau Rp 1,8 miliar dalam dua tahun terakhir,” ujarnya

Padahal kata dia, potensi parkir di Kota Balikpapan cukup besar jika dimaksimalkan. Hanya saja ada persoalan yang membuat retribusi parkir tak bisa bisa mencapai maksimal.

“Sebenarnya potensi parkir di Kota Balikpapan ini sangat besar, mungkin target Rp 4 miliar menurut saya bukan target yang besar. Tapi ada beberapa permasalahan dari yang kita inventarisir,” ujarnya

Menurutnya, banyak titik yang menjadi potensi parkir untuk peningkatan PAD. Namun g justru dikerjakan juru parkir (jukir) liar dan dikelola oleh ormas. Sehingga tidak masuk ke kas daerah

“Parkir di Balikpapan rata-rata dikerjakan juru parkir liar. Jukir liar ini masih dikelola, ada dukungan ormas, ada dukungan dari beberapa lembaga,” ujarnya.

Karena itu lanjut dia, nantinya jukir liar tersebut akan ditertibkan. Kemudian nantinya akan diambil alih. Karenanya dia meminta dukungan Polresta dan Dandim untuk penertiban.

“Nanti mungkin kita akan lakukan penertiban. Dalam penertiban ini tentu kami mohon dukungan dari Bapak Kapolres, Bapak Dandim, Lanal, Lanud,. Guna meningkatkan PAD dari parkir,” ujarnya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.