Ruang pengambilan bagasi bagi penumpang yang datang juga menjadi prioritas pengawasan.(foto: anang a)

Polda Kaltim Kerahkan Anjing Pelacak Awasi Bandara Sepinggan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Polda Kaltim menurunkan dua anjing pelacak Jambo dan Yelo untuk mengawasi bawaan penumpang di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan.

Dua anjing pelacak berjenis Labrador dan Belgian itu bukan hanya mengawasi barang berbahaya seperti bom maupun narkoba, juga terlatih bisa melacak pelaku pembunuhan maupun orang hilang.

“Kami juga punya anjing pelacak umum untuk pencarian pelaku pembunuhan atau pun orang hilang. Kemarin, anjing untuk spesialisasi itu kita bawa juga ke bandara ini,” kata Anggota Unit Satwa Polda Kaltim, Bripda Jaka Gogor mengatakan.

“Kalau untuk mencari satu barang yang difokuskan seperti TNT atau bahan peledak yang lain, si Jabo ini bisa melakukannya,”

Menurutnya, kedua anjing impor itu dilatih sejak berusia 6 bulan dan butuh waktu hingga sekitar 3 bulan. Kesulitan melatih anjing tersebut,
karena termasuk dalam kategori pemakan daging atau carnivora.

“Anjing itu harus mengenal pengasuhnya. Caranya dimulai dengan memberinya makanan serta selalu sering berdekatan agar tahu aroma tubuh tuannya yang mengasuh dan melatih,” jelasnya.

Semintara hingga kini belum ada laporan atau temuan narkoba maupun bahan peledak yang dibawa penumpang dalam operasi yang dilakukan Polda Kaltim setiap hari selama 24 jam.

Comments

comments

Baca juga ini :  Jamin Transparansi, Balikpapan Terapkan E-Planning Pada Musrenbang 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.