Tanam Manggrove

Dukung Proklim Muara Rapak, Pertamina Tanam Mangrove

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLUH)  Kota Balikpapan mendukung peningkatan pencapaian Program Kampung Iklim (ProKlim) Kelurahan Muara Rapak.

Program tersebut ditandai dengan penananam pohon bakau secara simbolis. Pada Sabtu (05/03/2022). Tampak hadir Kepala Bidang Penaatan Hukum dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PHPKLH) DLH Kota Balikpapan Noorlenawati

“ProKlim merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kacaujarnya

Oleh karena itu, dia menyampaikan apresiasi terhadap program yang dijalankan oleh Kelompok Kerja Proklim Kelurahan Muara Rapak. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat bermanfaat terutama dalam hal menciptakan pelestarian lingkungan. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan berkelanjutan,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Lurah Muara Rapak Bima Wibisono. “Hari ini kita bersama Pertamina bersama rekan rekan proklim didukung lembaga dan unsur masyarakat penggiat lingkungan melaksanakan penanaman mangrove,” kata Bima.

Menurut Bima, langkah tersebut merupakan langkah dan upaya untuk melestarikan lingkungan terutama di Kelurahan Muara Rapak dengan memanfaatkan ruang terbuka hijau.

“Dibantu masyarakat kita menanam 100 pohon mangrove. “Harapan kami dengan adanya kegiatan penanaman bibit mangrove ini, masyarakat ikut peduli dan merawat lingkungan. InshaAllah jika kita menjaga alam, alam pun akan menjaga kita,” harapnya.

Ketua Kelompok Kerja Proklim Kelurahan Muara Rapak Prayitno juga menyampaikan harapannya agar kegiatan penanaman mangrove bisa menambah wawasan masyarakat dalam menanam mangrove serta semangat  masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menjelaskan bahwa ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam program Proklim Kelurahan Muara Rapak.

Baca juga ini :  Utamakan Tindakan Preemtif Pada Ops Zebra Mahakam 2020, Dit Lantas Polda Kaltim Bagikan Brosur Himbauan kepada Masyarakat

“Penanaman mangrove ini merupakan salah satu tindak lanjut Focus Group Discusion program yang kita lakukan beberapa waktu yang lalu. Selanjutnya akan ada program sosialisasi dan edukasi Proklim, budidaya ikan, serta sarana dan prasarana pengolahan sampah,” jelas Chandra.

Dia mengharapkan agar program Proklim Kelurahan Muara Rapak nantinya benar-benar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. “Mari kita mulai dari diri sendiri. Dari hal-hal kecil mudah-mudahan akan bermanfaat bagi kita dan lingkungan,” tutupnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.