Home / iniFLASH / Fasilitas Ruang Isolasi Rumah Sakit Kanudjoso Bakal Ditingkatkan
RSUD Kanjudjoso Djatiwibowo Balikpapan yang merupakan salah satu rumaj sakit rujukan (rsudkanujoso.com)

Fasilitas Ruang Isolasi Rumah Sakit Kanudjoso Bakal Ditingkatkan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan kini tengah menyiapkan rumah sakit (RS) Kanudjoso Djatiwibowo agar memiliki fasilitas kesehatan yang memenuhi standar terbaik. Selama ini rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Kaltim itu menjadi rumah sakit rujukan nasional.   

“Sebagai rujukan nasional untuk penanganan kasus-kasus infeksi virus seperti corona dan Kanudjoso sudah ada sekarang ruang isolasi tetapi kan ada standar-standar ruang isolasi. Kita ingin yang terbaiklah,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu cukup beralasan karena Kota Balikpapan akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN). Kota Balikpapan juga menjadi pintu gerbang Kaltim, karena memiliki bandara Internasional Sepinggan dan pelabuhan Bongkar Muat Internasional.

“Karena ini juga momentum kita menjadi calon Ibu Kota Negara dekat sekali dari kita (Pusat Pemerintahan), menuju sebagai daerah calon penyangga Ibu Kota tentunya kita juga dari sisi fasilitas kesehatan juga kami meningkat. Salah satunya menyiapkan ruang isolasi yang terbaik,” ujarnya.  

Selain rumah sakit Kanudjoso, dia juga berharap rumah sakit swasta melengkapi fasilitasnya. Seperti kata dia, Pertamina berencana membangun rumah sakit dengan fasilitas memadai, khususnya memiliki ruang isolasi yang standar terbaik..

 “Kita upayakan yang rumah sakit Kanjudjoso. Namun kita juga berharap rumah sakit lain seperti rumah sakit Pertamina, katanya disini akan bangun juga rumah sakit pusat kalau memang bener plus ruang isolasi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, selama ini dasilitas ruang isolasi di rumah sakit Kanudjoso memang belum standar terbaik. “Ruang isolasi yang standar, masalah di tekanannya, tekananya negarif, tidak di dalam ruangan, jadi tekanan ruangan harus negatif,” ujarnya

“Kanudjoso bukan tidak srandar, tapi berkelas-kelas. Jadi ada ruang isolasi untuk pasien TB, ada ruang oisilasi untuk virus, ada yang bertekanan negatif. Kita tidak mengatakan tidak standar tapi ada kelas-kelasnya,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

RS Sakit Ditutup, Seluruh Tenaga Medis dan Keluarga di Swab

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Pasca 19 tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Inche Abdoel …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.