Home / iniFLASH / FKUB Balikpapan : Semua Elemen Berperan Menciptakan Pilkada yang Damai
Sosialisasi tahapan pilkada yang dilakukan KPU Balikpapan

FKUB Balikpapan : Semua Elemen Berperan Menciptakan Pilkada yang Damai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kota Balikpapan menilai semua elemen masyarakat memiliki peran yang sama dalam menciptakan pikada yang kondusif.

“Saya kira semua elemen di segmen masing-masing berperan menciptakan kedamaian dalam pesta demokrasi. Ini adalah bagian dari membantu penyelenggara menyukseskan pilkada serentak,” ujar Ketua FKUB Kota Balikpapan Abdul Muis.

Menurutnya, perbedaan pandangan politik hal yang wajar dalam demokrasi. Namun jika perbedaan dibarengi dengan rasa dendam tentu akan merusak silaturahmi dan nilai-nila kerukunan dalam aspek sosial maupun agama.

“Kerukunan antar umat dalam kontestasi politik sama halnya merawat kebinekaan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Kata dia, peran para tokoh agama dirasa perlu dalam membimbing umat dalam memberikan pendidikan politik, baik lewat ceramah di Masjid maupun khotbah di Gereja sebagai bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan pilkada yang damai.

“Jika suasana proses demokrasi terlaksana dengan aman, damai dibalut dengan kesejukan Insya Allah arah pembangunan daerah sejalan dengan keinginan rakyat,” ujarnya.

Menurutnya, dalam konteks agama pilkada bagian dari proses demokrasi dalam menentukan figur yang akan diberi amanah untuk memimpin umat. Bahkan dalam Islam lanjutnya, Alguran menempatkan urutan ketiga untuk ditaati, setelah Allah dan Rasulnya.

“Maka menjaga pilkada damai adalah bagian dari keikut sertaan kita dalam menjalankan amanat Undang-Undang Dasar 1945,” ujarnya

Comments

comments

About glen

Check Also

Warga di 6 Perumahan Terpapar Covid, Dipersilakan Lakukan Lokcdown Lokal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com —-  Tim Satgas Covid Balikpapan menemukan ada enam klaster perumahan yang warga atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.