Kepala Dishub Kota Balikpapan, Elvin Junaidi

Gandeng Satlantas, Dishub Balikpapan Siapkan Pelayanan SIM di Terminal Batu Ampar

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus perpanjangan massa Surat Izin Mengemudi (SIM), Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan menggandeng pihak Satlantas Polresta Balikpapan untuk dapat memberikan pelayanan perpanjangan SIM di Terminal Batu Ampar, Balikpapan Utara.

Dimana hal tersebut sudah mulai dilaksanakan pada Selasa (26/7/2022), puluhan warga yang beraktivitas di Terminal Batu Ampar tampak memanfaatkan momen tersebut.

Kepala Dishub Kota Balikpapan Elvin Junaidi mengatakan, pelayanan perpanjangan SIM pada hari pertama ino cukup ramai, sehingga diharapkan dengan adanya pelayanan SIM aktivitas di Terminal Batu Ampar bisa hidup lagi.

“Sehingga warga bisa Terminal Batu Ampar menggunakan transportasi publik lagi seperti angkot,” ujar Elvin Junaidi saat diwawancarai media, Selasa (26/7/2022).

Elvin menambahkan, apalagi anak sekolah yang mau berangkat ke Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara kerap diantar orang tuanya ke Terminal Batu Ampar itu mereka menunggu disana.

“Jadi fungsi terminal batu ampar selain untuk menaikan dan menurunkan penumpang bisa berjalan, nanti juga akan ditambah dengan perpustakaan mini dan pelayanan publik lainya,” kata Elvin.

Untuk sekarang pelayanan perpanjangan SIM masih khusus untuk hari Selasa, tapi tidak menutup kemungkinan akan terus di tambah waktunya jika peminatnya semakin banyak.

“Hal ini kami lakukan salah satunya untuk mengaktifkan kegiatan di  terminal Batu Ampar, yang selama ini pelayanan SIM keliling belum ada yang di jalur angkot, tapi kalau di Terminal ada jalurnya,” terangnya.

Selain itu pihak Dishub Balikpapan terus melakukan upaya rekayasa lalulintas misalnya membantu di berbagai persimpangan yang padat untuk dialihkan arus lalulintasnya.

“Termasuk mobil yang menghambat jalannya lalulintas, contohnya mobil tua yang terparkir dipinggir jalan sudah banyak yang kami tertibkan,” kata Elvin.

Baca juga ini :  Muhaimin : Tahun Depan Program BPJS Kesehatan Gratis Dilanjutkan

Elvin Djunaedi mengatakan, pihaknya tengah mengidentifikasi beberapa titik kemacetan. Salah satunya di Jalan Mayjen Sutoyo.

“Kami lihat di kawasan itu masalah lalu lintas apa saja yang terjadi. Salah satunya parkir liar beberapa kendaraan,” katanya. 

Pihaknya, juga melihat ada mobil usang yang terparkir begitu saja di pinggiran jalan. Untuk itu, pihaknya bertindak tegas dengan menderek mobil tersebut.

Adapun, hasil identifikasi lainnya adalah banyaknya mobil diparkir karena tengah mengantre BBM. Ditambah beberapa ruko, kantor, dan usaha komersial lainnya tidak memiliki lahan parkir. Khususnya, di depan Andalas dan Kusuma Medical Center, di mana sering terjadi kecelakaan karena banyak kendaraan diparkir di bahu jalan. 

“Upaya pertama, mobil-mobil usang yang ada di jalan sudah kami derek. Kemudian, penertiban parkir juga akan kami lakukan di kawasan itu,” pungkas mantan Kepala DPMPTSP Kota Balikpapan ini. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.